Masyarakat Korban Gempa Bumi di Lotim Dapat SIM Gratis

SIM GRATIS - Proses tes yang diikuti oleh masyarakat korban gempa yang mengikuti pelayanan SIM gratis di Satlantas Polres Lotim. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Gempa bumi yang terjadi tidak hanya merusak bangunan, tapi juga berdampak pada sumber mata pencarian masyarakat setiap harinya. Untuk meringankan beban masyarakat korban, aparat kepolisian memberikan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada masyarakat yang berasal wilayah terdampak gempa.

Kasat Lantas Polres Lotim, AKP. Riyan Faesal, SIK, menjelaskan, pelayanan SIM gratis merupakan instruksi langsung dari Kapolri melalui Kakorlantas. Di mana, masyarakat yang menjadi korban gempa diberikan pelayanan SIM gratis. Kegiatan pelayanan yang dilakukan pada, Sabtu,  20 Oktober 2018  diikuti 25 orang yang berasal dari Kecamatan Sambelia, Sembalun dan Pringgabaya.

Iklan

 “Kegiatan pelayanan SIM gratis ini merupakan instruksi langsung dari Kapolres untuk wilayah yang terkena gempa secara langsung. Untuk tahap pertama ini berdasarkan petunjuk sebanyak 25 orang,” terangnya.

Kendati demikian, bagi masyarakat yang mendapat pelayanan SIM gratis tersebut. Tentunya tetap mengacu kepada syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam pembuatan SIM pada umumnya. Seperti mengikuti tes dan lain sebagainya. Bagi masyarakat yang mengikuti secara baik, maka diberikan reward atau penghargaan berupa uang Rp 500 ribu selain dari diberikan SIM secara gratis. “Meski gratis, namun syarat dan ketentuan harus tetap diikuti oleh masyarakat,” ujarnya.

Disebutkan Riyan, dari 25 masyarakat yang mengikuti pelayanan SIM gratis tersebut. Sebanyak 3 orang yang mendapatkan penghargaan berupa uang. Hal tersebut dikarenakan ia memiliki nilai yang terbaik dan tertinggi. Ditambahkannya, dari 25 desa masyarakat korban gempa yang mengikuti pelayanan SIM gratis dari Kecamatan Sembalun, Sambelia dan Pringgabaya itu sebelumnya dilakukan seleksi mulai dari tingkat kepala dusun, desa bersama Polsek setempat.   “Jadi tidak asal-asal masyarakat datang untuk mengikuti tes pelayanan SIM gratis. Melainkan sebelumnya diseleksi oleh Polsek,”terangnya. (yon)