Masyarakat Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

Pengendara menerobos genangan air di Jalan TGH. Faisal, Kota Mataram, Senin, 4 Januari 2021. Masyarakat diimbau waspada cuaca ekstrem, karena hujan lebat disertai angin kencang diprediksi akan terjadi dalam lima hari kedepan. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang akan terjadi satu pekan ini. Hujan disertai angin kencang dapat memicu kerusakan maupun genangan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram, Mahfuddin Noer menyampaikan, perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa lima hari ke depan ini akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang melanda Kota Mataram. Terbukti hujan lebat, Senin, 4 Januari 2021 memicu terjadinya dua pohon tumbang serta genangan di sejumlah titik. “Pohon tumbang terjadi Pagutan dan Mataram Timur,” kata Mahfuddin.

Petugas BPBD dibantu oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman telah melakukan evaluasi terhadap pohon tumbang dengan cara memotong, agar tidak membahayakan warga sekitar. Mahfuddin mengaku, korban jiwa maupun kerugian materil nihil.

Sementara, genangan terjadi di Jalan Panji Anom, Airlangga, TGH. Faisal Mandalika, Yos Sudarso serta titik lainnya. Genangan muncul akibat debit air dari hulu tinggi, sehingga saluran tidak mampu menampung volume air. Ketinggian genangan mencapai mata kaki orang dewasa tetapi diklaim tidak mengganggu arus kendaraan. “Memang volume air dari hulu sangat tinggi. Air kemudian meluap ke jalan,” jelasnya.

Beberapa lokasi genangan itu menjadi atensi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Salah satunya, mengangkat sedimentasi serta melakukan perbaikan saluran. Untuk lima hari kedepan, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan karena hujan lebat disertai angin kencang akan terjadi. “Kita minta masyarakat tetap waspada,” katanya mengingatkan. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here