Masyarakat Diminta Waspada Pengiriman PMI Berkedok Pelatihan Kerja

Moh. Hirsan. (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak terlalu tergiur pada pelatihan dan pemberdayaan program kerja. Hal ini menyusul adanya beberapa lembaga yang terindikasi melakukan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang mengatasnamakan pelatihan kerja.

Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Lotim, Moh. Hirsan, mengakui beberapa waktu lalu sudah menangani adanya lembaga pelatihan kerja yang terindikasi melakukan TPPO berkedok pelatihan kerja dengan menjual program penempatan ke luar negeri dengan negara tujuan Polandia, Jepang dan Korea.

Iklan

 “Terkait situasi ini, agar masyarakat lebih berhati hati agar tidak sampai terkena bujuk rayu oknum yang tidak bertanggung jawab,” terangnya, Selasa, 9 Maret 2021.

Untuk diketahui lembaga pelatihan tidak diizinkan untuk melaksanakan penempatan tenaga kerja keluar negeri. Penempatan tenaga kerja telah diatur oleh UU 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan PMI, Permenaker 9 Tahun 2019,  Permenaker 10 Tahun 2019, dan PP Nomor 10 Tahun 2020.

Terkait hal tersebut diminta kepada masyarakat untuk lebih selektif menerima informasi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ia juga mengajak masyarakat untuk segera melaporkan kepada Disnakertrans Lotim apabila menemukan atau sudah menjadi korban penipuan oknum-oknum tersebut.

Upaya Pemda melalui Disnakertrans adalah melakukan pembinaan terhadap lembaga pelatihan kerja yang ada di Lotim untuk lebih fokus melaksanakan tugas dan fungsi sebagai lembaga yang menyelenggarakan pelatihan kerja dan melaksanakan pemagangan dalam negeri.

 “Kalau kami menemukan adanya lembaga pelatihan kerja yang ada di wilayah Kabupaten Lotim menyelenggarakan kegiatan di luar fungsinya. Maka kami akan merekomendasikan izin kelembagaannya dicabut,” tegasnya.

Selanjutnya, Disnakertrans bersama tim satgas perlindungan PMI akan menindaklanjuti laporan aduan masyarakat yang menjadi korban dan akan bertindak dengan keras apabila menemukan adanya unsur penipuan di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya, tambahnya, masyarakat diminta datang ke kantor Disnakertrans Lotim langsung untuk menanyakan dan mendapatkan informasi yang benar terkait prosedur dan tata cara penempatan tenaga kerja keluar negeri. (yon)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional