Masyarakat Diimbau Patuhi Edaran Terbaru Soal Covid-19

H. Sahabuddin. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB)-Bupati Sumbawa telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terbaru tentang penegasan pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan oleh perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum dalam kegiatan perekonomian, sosial kemasyarakatan dan keagamaan di Kabupaten Sumbawa. Seiring dengan makin meningkatnya kasus terkonfirmasi positif covid di daerah ini.

Dalam SE No 360/570/XII/Pem/2020 tersebut diantaranya disebutkan, mensosialisasikan kembali kepada masyarakat untuk berupaya mengurangi peningkatan jumlah dan sebaran suspect covid 19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Pelaksanaan kegiatan perekonomian seperti rumah makan/warung untuk memberikan layanan pemberian secara online atau tidak melayani makan ditempat. Kecuali pemilik usaha dapat memastikan peralatan makan minum telah dan selalu dicuci bersih menggunakan sabun. Kemudian pengaturan jarak pengunjung, pengaturan posisi dan jumlah meja/kursi sesuai ketentuan prokes. Pemilik usaha, pramusaji hingga kasir harus tetap menerapkan 3M. Hal yang sama berlaku untuk kios, retail dan toko.
Pelaksanaan kegiatan sosial seperti pernikahan, khitanan, aqiqah dalam setiap rangkaian dan tahapan acaranya, melibatkan paling banyak 50 orang. Dan atau hanya diikuti oleh keluarga inti saja. Kemudian harus dilaporkan/dikoordinasikan dengan pemerintah desa/kelurahan setempat sebagai dasar untuk dilakukan pendampingan/pengawasan/pengendalian terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Begitu pula dengan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya juga berlaku hal yang sama.

Dalam SE dimaksud juga memerintahkan kepada ASN di lingkup kerja masing masing untuk menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat dalam pelaksanaan prokes. Serta ikut mensosialisasikan ketentuan dalam SE ini di lingkungan tempat tinggal masing masing.
Terkait hal ini, Kasat Pol PP Sunbawa, H. Sahabuddin S.Sos, M.Si yang dihubungi Minggu (27/12) kemarin, menyatakan Satgas Covid menggelar rapat Senin hari ini terkait bentuk pengawasan terhadap SE dimaksud di lapangan. Namun yang jelas, kegiatan seperti patroli gabungan, patroli rutin, monitoring obyek obyek wisata, razia masker, operasi yustisia dan bentuk pengawasan lainnya tetap akan dilakukan oleh Pol PP.

Masyarakat pun diimbau untuk patuh terhadap 4M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sesuai denga isi SE Bupati dimaksud. “Kami juga mengimbau masyarakat untuk peduli dan bekerjasama dalam penerapan prokes. Tanpa kita peduli, tidak mungkin Covid bisa hilang di Kabupaten Sumbawa,”tukas H. Sahabuddin. (arn)