Masyarakat dan Pemdes Lembuak Menang Telak Sengketa Aset Desa

Warga masyarakat Desa Lembuak, Kecamatan Narmada di depan PN Mataram. Warga bersuka cita karena memenangkan sengketa aset tanah desa.

Giri Menang (Suara NTB) – Warga masyarakat dan pemerintah Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat menang dalam sengketa aset tanah desa di Pengadilan Negeri (PN) Mataram. Berdasarkan putusan yang dibacakan oleh ketua majelis hakim pada sidang putusan Rabu, 6 Januari 2020.

Lalu Anton Hariawan selaku pengacara Pemdes Lembuak menerangkan, putusan sengketa tersebut bernomor 177/PDTG PN Mataram. Yang intinya dalam putusan menolak semua gugatan penggugat tentang aset tanah itu. “Intinya semua gugatan penggugat tentang aset tanah itu ditolak oleh majelis hakim,” tegas dia.

Gugatan penggugat ditolak karena dinilai kurang pihak. Karena tidak melibatkan Pemda dalam gugatannya. Berbeda dengan eksepsi tergugat dalam hal ini Pemdes dan warga masyarakat desa Lembuak, kata pengacara asal Sekotong ini diterima oleh majelis hakim. Atas dimenangkannya sengketa tanah ini, maka objek tanah itu kembali ke desa. “Objek tanah kembali ke desa,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penyelamat Aset Desa Lembuak, H. Sabirin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak pengadilan yang sudah memutus sengketa ini. Termasuk semua warga masyarakat Desa Lembuak yang telah mengawal sidang sengketa ini di pengadilan.

Langkah selanjutnya, pihaknya akan menunggu langkah penggugat apakah banding atau tidak. “Kalau banding disarankan untuk menggugat Pemda, Karena ini aset desa, sama dengan aset daerah dan negara. Itu disarankan oleh hakim,” imbuh dia. Pihaknya akan menerima putusan pengadilan empat hari setelah dibacakan.

Sementara itu, Penjabat Kades Lembuak M Busyairi mengatakan pada saat sidang putusan PN Mataram atas gugatan perdata oknum warga atas nama Artiah terhadap Pemdes Lembuak atas tanah yang puluhan tahun menjadi aset desa dan dimanfaatkan sebagai pecatu sekdes, pihak penggugat tidak bisa menunjukkan bukti dan saksi untuk menguatkan gugatannya. “Sehingga majelis hakim memutuskan menolak gugatan dan memenangkan tergugat dalam hal ini masyarakat dan pemdes Lembuak,”jelas dia. Putusan ini kata PLT Camat Narmada ini disyukuri oleh masyarakat Lembuak terutama para relawan Tim Penyelamat Aset Desa yang telah berjuang mempertahankan aset desa. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here