Masyarakat Bima dan Dompu Galang Bantuan untuk Korban Banjir Sumbawa

Kota Bima (Suara NTB) – Sejumlah elemen mahasiswa dan masyarakat Bima bergabung menggalang dana untuk membantu korban banjir Kabupaten Sumbawa, di perempatan gunung dua dan perempatan lampu merah menuju pasar Kota Bima, Sabtu, 11 Februari 2017.

Mereka di antaranya, Ikatan Mahasiswa Wera (Imawer), Persatuan Mahasiswa Keli (PMK), Pergerakkan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bima serta Kerukunan Keluarga Samawa (KKS) Bima.

Iklan

Penggalangan bertajuk solidaritas kemanusiaan untuk korban banjir Sumbawa dengan tema “Mereka pernah hadir untuk Bima, saatnya kita hadir untuk mereka” sukses mengumpulkan dana jutaan rupiah yang disumbangkan oleh para pengguna jalan.

“Hingga saat ini total keseluruhannya belum dihitung, namun diprakirakan sudah mencapai jutaan rupiah,” ucap koordinator aksi penggalangan dana, Yuni Eka Fitri.

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin (kiri) menyerahkan bantuan kepada korban banjir dan diterima bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, Sabtu, 12 Februari 2017. (Suara NTB/ula)

Kata dia, aksi penggalangan dana tersebut sudah berlangsung Jumat, 10 Februari 2017  sore. hingga waktu yang belum ditentukan. Selain dana, warga juga menyumbangkan pakaian layak pakai, mie, air mineral dan berupa paket lainnya.

“Bantuan ini akan kita salurkan dalam waktu dekat,” katanya.

Sementara Pemerintah kota (Pemkot) Bima memberikan bantuan sebanyak 2 ton beras, air mineral 100 dus, mie instan 100 dus, 150 lembar selimut, serta puluhan karung pakaian layak dan popok bayi, Sabtu, 12 Februari 2017.

Plt Kabag Humas dan Protokol (Humaspro) Setda kota Bima mengatakan bantuan itu dibawa langsung Plt. Sekda Kota Bima Drs. Mukhtar, MH, bersama Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais didampingi oleh Kepala BPBD Kota Bima, H. Syarafudin.

Sedangkan Pemkab Bima juga memberikan bantuan serupa dan dibawa langsung oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri.

“Alhamdullilah bantuan telah tiba dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa, di pendopo Bupati Sumbawa, pagi ini,” kata Kabag Humaspro Setda Kabupaten Bima, Armin Farid S.Sos, Minggu, 12 Februari 2017.

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin kepada Suara NTB sebelum berangkat ke Sumbawa untuk membawa bantuan bagi korban banjir, Minggu pagi kemarin, mengatakan, bantuan ini merupakan terkumpul dari masing – masing SKPD sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir di Sumbawa.

“Saya instruksikan tadi malam melalui WA SKPD, alhamdulillah langsung direspon dan terkumpul hingga 600 dos mi instan, air mineral, sabun cuci dan lain – lain,” katanya.

Bantuan yang terkumpul, kata H. Bambang, bahkan ada juga nasi bungkus hingga 230 bungkus. Namun bantuan nasi bungkus mungkin akan dikonsumsi pihaknya yang mengantar, karena jarak ke Sumbawa yang cukup jauh. “Berbeda dengan bantuan ke Bima dulu. Kita bawa nasi bungkus karena jarak transportasinya yang dekat, hanya 1 jam perjalanan. Kalau ke Sumbawa paling cepat 3 jam perjalanan,” ungkapnya.

Bambang juga mengaku, pihaknya sengaja antar langsung bantuan bagi korban bencana banjir Sumbawa untuk memberi dukungan bagi pemerintah daerah dan warganya korban banjir. Bantuan yang diantar merupakan bantuan yang terkumpul dari masing – masing SKPD. Pihaknya tidak tertutup kemungkinan akan memberikan bantuan dari anggaran pemda Dompu, tapi setelah pihaknya berkunjung ke Sumbawa. “Nanti bisa saja kita berikan bantuan dari anggaran daerah, tapi kita kunjungi dulu sekarang. Apa yang mereka butuhkan, baru kita bantu yang bisa dibantu,” katanya.

Mahasiswa Dompu

Sementara itu, mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Dompu menggelar aksi yang sama. Ketua PMII, Juhari mengatakan, uluran tangan masyarakat setidaknya akan meringankan beban mereka, termasuk semakin memperkuat rasa kekeluargaan masyarakat Dompu dan Sumbawa. “Tujuan kami agar bagaimana meringankan beban saudara kami yang berada di Sumbawa, ketika ada masyarakat yang tertimpa bencana wajib hukumnya kita membantu,” katannya kepada Suara NTB di sela penggalangan dana.

Selain pengguna jalan, kegiatan ini akan menyasar instansi pemerintah maupun swasta serta pusat keramaian lainya. Minimal bantuan yang akan digelontorkan nantinya yakni pakaian layak pakai, makanan siap saji serta obat-obatan.

Dipastikan Rabu 15 Februari mendatang bantuan yang sudah terkumpul akan diserahkan langsung melalui PMII cabang Sumbawa. Sementara itu untuk bantuan yang sudah ada saat ini sebut dia, yakni berupa pakain dan obat-obatan. “Senin besok jadwalnya kita masuk ke instansi pemerintah, hari Rabu Insya Allah bantuan akan kita serahkan,” ujarnya. (uki/jun/ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here