Masyarakat agar Waspadai Banjir Rob

Nelayan warga Lingkungan Bugis, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Ampenan menyandarkan sampan mereka hingga menutupi ruas jalan lingkungan. Hal ini dilakukan mengantisipasi gelombang pasang atau banjir rob sewaktu-waktu bisa terjadi. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai bencana banjir rob, terutama yang tinggal di pesisir pantai. Cuaca ekstrem diperkirakan masih akan berlangsung sampai beberapa hari kedepan.

Satgas Penanggulangan Bencana pasca gelombang terus melakukan pemantauan dan patroli rutin. Kepala BPBD Kota Mataram, Mahfuddin Noer mengatakan, pemantauan diprioritaskan pada malam hari. Pengalaman sebelumnya, banjir rob terjadi pada malam hari.

Iklan

Antisipasi lainnya adalah dengan berkoordinasi dengan instansi teknis. Apabila terjadi banjir rob agar segera melakukan penanggulangan. “Kita mengimbau bagi masyarakat yang berada dipesisir agar tetap waspada,” kata Mahfuddin.

Gelombang pasang dampaknya dirasakan terutama bagi nelayan. Frekuensi melaut atau menangkap ikan berkurang. Dampak lainnya adalah pada lingkungan setempat. Artinya, air laut masuk ke dalam rusak berpotensi merusak barang berharga milik warga. “Gelombang pasang kemarin saja tiga perahu dan dua rumah warga rusak,” sebutnya.

BPBD melakukan asesmen terhadap rumah warga yang rusak di Lingkungan Bintaro, Kelurahan Bintaro Jaya. Selain itu, melakukan kaji cepat terhadap potensi kerugian sehingga segera diintervensi.

Dikatakan, prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam beberapa hari kedepan masih terjadi gelombang besar, angin kencang disertai hujan dengan intensitas tinggi. “Prediksi hujan lebat dan gelombang tinggi masih berlangsung selama beberapa hari kedepan,” tandasnya.

Terkait kerusakan miniatur kapal di eks Pelabuhan Ampenan. BPBD akan berkoordinasi dengan instansi teknis dan kecamatan. Kata dia, paling tidak miniatur kapal kembali dibangun karena menjadi ikon di Pelabuhan Ampenan. (cem)