Masuk Nominasi IGA 2021, Wagub NTB Apresiasi Aplikasi “NTB Care”

Wagub NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah didampingi Kadiskominfotik NTB, Najamuddin Amy di sela penilaian IGA 2021.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Provinsi NTB menjadi salah satu dari 39 pemerintah daerah (Pemda) yang masuk nominasi Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Adapun ke 39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster, yakni 7 Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kota, 12 Pemerintah Kabupaten, 5 Pemda di daerah perbatasan, serta 3 Pemda di daerah tertinggal.

Iklan

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyampaikan bahwa berbagai inovasi yang lahir dari pemerintah dinilai telah mampu mengangkat dan memberikan berbagai kemudahan dalam aktivitas serta pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam mendorong  dan menciptakan tumbuh kembangnya inovasi di lingkungan pemerintah dan masyarakat, Pemprov NTB juga terus membangun komunikasi dengan Kabupaten dan kota dan berbagai pihak,” jelas Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB saat penilaian penerima Penghargaan IGA secara virtual, Selasa  23 November 2021 di Pendopo Wakil Gubernur.

Lebih jauh dijelaskannya, ada berbagai inovasi dan terobosan dalam pelayanan publik, contoh aplikasi NTB Care sebagai kanal pengaduan berbasis aplikasi dan Media sosial. Inovasi tersebut sukses memangkas jarak antara pemerintah dan masyarakat.

“Jadi komunikasi dan koordinasi  bottom up terbangun dengan baik, masyarakat sangat kontributif dengan berbagai aplikasi yang ada di NTB,” terang Wagub.

Bahkan, Wagub menyampaikan bahwa saat ini semua kepala perangkat daerah di jajarannya telah dan wajib memiliki akun media sosial untuk merespon berbagai masukan dan keluhan masyarakat.

Begitupun misalnya aplikasi Sistem Informasi Desa (SID), yang memudahkan pelayanan administrasi di kantor desa. Mulai dari mengurus surat-surat dan administrasi dengan cepat dan gratis. “Tanpa menunggu hari atau minggu, surat-surat untuk kebutuhan masyarakat dapat langsung diperoleh jam itu juga,” tutupnya.

Senada dengan Wagub NTB, Kadis Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos,. MM., menyampaikan bahwa di NTB sendiri telah diusulkan sebanyak 62 inovasi kepada panitia pusat. “Bahkan NTB dapat bertengger di urutan kedua dari 34 Provinsi se-Indonesia,” terang Najamuddin.

Pada Kesempatan tersebut, turut mendampingi Wagub, Kepala Bappeda, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si, MM.

NTB Care Semakin Diunggulkan

Masuknya program  NTB Care nominasi IGA 2021 ini tidak lepas dari kerja sama semua pihak. Menurutnya, NTB Care punya tingkat kematangan inovasi yang betul betul secara aplikasi dan kemanfaatan. Dampaknya itu dirasakan manfaatnya luar biasa oleh masyarakat. “Sebab ada 46 OPD itu jadi sasaran kita untuk follow up,” kata dia.

Melalui aplikasi NTB Care yang menggunakan platform Facebook sebagai kanal aduan dan mobile apps @NTBcareofficial,  sampai dengan Oktober sudah mencapai lebih dari 5000 pengguna, 1000 kali download, lebih dari 3000 followers di Facebook.

Apa yang diinginkan masyarakat, keluh kesah tentang layanan publik lainnya, diadukan melalui kanal tersebut. Kemudian kecepatan respon dari pihaknya dan OPD di Pemprov NTB menjadikan inovasi ini diunggulkan sehingga masuk dalam nominasi IGA.

“NTB Care  ini sudah teruji. Tahun 2021 awal sudah kita daftarkan ke indeksi inovasi darerah di Kemendagri. Sehingga  dari sejumlah inovasi yang punya tingkat kematangan inovasi, ya NTB Care,” yakinnya.

Inilah indikator yang sudah dipenuhi aplikasi dan program tersebut sehingga layak masuk nominasi dan diharapkan menjadi juara di ajang bergengsi  GPIA 2021. (tim)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional