Masifkan Vaksinasi Covid-19 Harian Sampai 30 Ribu Dosis

Kapolda NTB Mohammad Iqbal (kanan) berbincang dengan tenaga kesehatan RS Bhayangkara Mataram, Rabu, 16 Juni 2021 saat mendampingi Bhakti Sosial rangkaian HUT Bhayangkara ke-75 dan HUT Dokkes Polri ke-75.(Suara NTB/Humas Polda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB menggencarkan vaksinasi Covid-19 mendukung upaya pemerintah menyudahi pandemi. Batalyon vaksinator dikerahkan sampai ke desa-desa. Apalagi saat ini kategori sasaran vaksinasi sudah meluas sampai kategori umur 18 tahun ke atas. “Kita masifkan vaksinasi dengan kolaborasi sehingga target dan sasaran yang sudah kita tentukan tercapai. Prinsipnya kita optimis dengan kekompakan dan koordinasi,” ujar Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Rabu, 16 Juni 2021 di sela kegiatan Bhakti Sosial Hari Bhayangkara ke-75 dan HUT Dokkes Polri ke-75 di RS Bhayangkara Mataram.

Menurutnya, jumlah fasilitas kesehatan di NTB sudah memadai untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Ditambah lagi dengan tempat-tempat khusus baik yang dibuka TNI, Polri, maupun Pemda. “Bahkan kita optimis dengan tambahan vaksin yang lebih banyak, kita bisa habiskan semuanya,” sebut dia. Kabiddokkes Polda NTB Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim menyebutkan, Mabes Polri menyebar target 3 juta vaksinasi Covid-19 ke seluruh Polda sampai akhir Juni ini. kemampuan NTB menyuntik vaksin per hari saat ini lebih kurang 22 ribu dosis. “Kami hitung-hitung bisa kita tingkatkan sampai maksimal 30 ribu per hari,” jelasnya.

Iklan

Secara keseluruhan, sambung dia, puncak target tinggi pelaksanaan vaksinasi bergerak pada bulan Juli nanti. Seiring ketersediaan vaksin secara nasional yang akan mencapai 45 juta dosis. Maka, target vaksinasi harian ditingkatkan sampai 1,5 juta suntikan. “Nanti kita semua Polda akan serentak melaksanakan vaksinasi akhir Juni ini. Dalam satu hari itu seluruh Polda akan vaksinasi 1 juta dosis. Kita sedang siapkan kegiatannya,” urai Erwin. Kolaborasi vaksinasi ini diikuti Polda NTB dengan mengerahkan Batalyon Vaksinator yang diisi tenaga kesehatan terlatih menyuntik vaksin Covid-19. Namun saat ini masih terkendala stok vaksin. “Kita mau cepat, vaksinnya tidak ada. Nanti bulan Juli kita akan lebih maksimalkan lagi,” tandasnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi NTB, capaian vaksinasi Provinsi NTB per-15 Juni 2021, antara lain 239.290 orang mendapat dosis pertama, dan 178.802 orang sudah mendapat mendapat dosis penuh. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional