Maret, Landasan Pacu Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa Diperpanjang

Kepala Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa,  Sutarmin (Suara NTB/arn)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Perpanjangan landasan pacu (Runway) Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa mulai dikerjakan sekitar Maret 2019 mendatang. Saat ini, masih dalam proses tender di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa,  Sutarmin menjelaskan, perpanjangan bandara sudah direncanakan sejak tahun lalu, dari panjang landasan 1.650 meter saat ini akan ditambah hingga menjadi 1.800 meter. “Pengerjaannya akan mulai dilakukan tahun ini. Sekitar Maret karena masih menunggu proses tender yang dilakukan di Kemenhub,” terangnya.

Iklan

Dijelaskannya, usulan hibah aset dari Bupati kepada Kementerian Perhubungan juga sedang dalam proses. Sebab penyerahan hibah harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu. “Usulan dari Bupati kemarin bersurat untuk melakukan proses hibah itu kan melibatkan unsur aset daerah yang akan pindah ke kementrian perhubungan.  Harus diverifikasi lebih lagi. Lagi dalam proses,” terangnya.

Saat ini, pihaknya juga berencana melakukan penambahan rute penerbangan. Sebelumnya pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak maskapai penerbangan. “Rencana penambahan rute ada. Kemarin sudah komunikasi dengan Garuda dan Wings. Baru tahap penjajakan. Tergantung dari kesiapan armada mereka juga,” tukasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pengembangan bandara nantinya dapat mendukung sektor pariwisata. “Kita sih berharap itu untuk mendukung pariwisata,” tambahnya. (arn)