Maret – April, NTB Targetkan Vaksinasi 35.047 Lansia dan Pelayan Publik

H. Lalu Hamzi Fikri (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melalui Dinas Kesehatan (Dikes) menargetkan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat usia 60 tahun ke atas atau lanjut usia (lansia) di Kota Mataram dan pelayan publik di 10 kabupaten/kota pada Maret hingga April mendatang. Jumlah sasaran lansia dan pelayan publik yang akan divaksinasi untuk tahap kedua termin pertama ini sebanyak 35.047 orang.

Dengan rincian, 13.366 lansia di Kota Mataram dan 21.681 pelayan publik di 10 kabupaten/kota di NTB. Untuk vaksin tahap kedua termin pertama ini sudah didistribusikan ke semua kabupaten/kota di Pulau Lombok. Sedangkan untuk distribusi vaksin ke Pulau Sumbawa, akan mulai dilakukan, Selasa, 2 Maret 2021.

Iklan

“Hari ini teman-teman melakukan koordinasi di tingkat kabupaten/kota. Kita mendorong lebih cepat lebih baik untuk melakukan vaksinasi untuk tahap kedua termin pertama ini,” kata Kepala Dikes NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS., dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Senin, 1 Maret 2021.

Fikri menjelaskan prioritas vaksinasi tahap kedua termin pertama adalah lansia di ibukota provinsi, yaitu Kota Mataram. Kemudian pelayan publik di atas 50 tahun, seperti anggota DPRD, pejabat negara dan pejabat daerah, anggota TNI/Polri dan Satpol PP, tokoh agama dan tokoh masyarakat, guru, atlet, pedagang pasar, ASN dan pelayan publik lainnya, termasuk wartawan.

“Target kita, sesuai timeline, Maret – April, kita lakukan percepatan untuk proses ini (vaksinasi tahap kedua). Termasuk pelatihan vaksinator jalan terus,” terangnya.

Untuk lansia di sembilan kabupaten/kota lainnya di NTB, kata Fikri, vaksinasi akan dilakukan tahap kedua termin kedua. Untuk vaksinasi pelayan publik, lanjut Fikri, skenarionya diatur oleh Pemda kabupaten/kota sesuai dengan ketersediaan vaksin yang ada.

Untuk pelaksanaan vaksinasi lansia di Kota Mataram, kata mantan Direktur RSUD NTB ini, rencananya akan mulai Selasa, 2 Maret 2021 hari ini. Pihaknya terus berkomunikasi dengan Pemkot Mataram terkait dengan vaksinasi lansia ini.

Untuk pelaksanaan vaksinasi lansia, lanjut Fikri, harus dilaksanakan di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas. Pihaknya sudah bersurat ke Dikes kabupaten/kota mengenai hal tersebut.

Berdasarkan data Dikes NTB, sebanyak 21.679 pelayan publik yang menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua termin pertama di NTB. Dengan rincian, Kota Mataram 2.971 orang,Lombok Tengah 4.097 orang, Lombok Timur 5.075 orang, Dompu 1.007 orang, Bima 2.002 orang, Kota Mataram 14.318 orang, Sumbawa 1.993 orang, Kota Bima 2.002 orang, Sumbawa Barat 638 orang dan Lombok Utara 944 orang. (nas)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional