Mardayani dan Bayinya Rasakan Manfaat dari Program JKN-KIS

Narasumber : Baiq Mardayani Sholeha

Selong (suarantb.com) – Anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Banyak usaha dan pundi-pundi uang yang dikeluarkan oleh orang tua demi kebahagiaan anaknya. Mempunyai anak adalah impian pasangan suami isteri pasca menikah, tak sedikit usaha yang dijalankan oleh pasangan yang sudah menikah untuk memiliki keturunan.

Kesulitan memiliki anak dan bingung tentang biaya persalinan tidak diarasakan oleh seorang ibu muda yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Dialah Baiq Mardayani Sholeha (30) yang menceritakan kegembiraannya kepada tim Jamkesnews tentang pengalamannya saat melahirkan dan saat anaknya harus di rawat di NICU dan semua biaya dijamin program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Iklan

Mardayani adalah peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), di mana iuran JKN-KIS dipotong dari gaji sang suami yang bekerja di salah satu badan usaha di Nusa Tenggara Barat. Ia tidak pernah menyangka bahwa Program JKN-KIS akan menolong ia dan bayi kecilnya dalam hal biaya di fasilitas kesehatan. Kegembiraan itu ia bagi kepada tim Jamkesnews.

“Saya pernah menggunakan kartu kepesertaan JKN-KIS. Pengalaman itu saya rasakan ketika setelah melahirkan, anak saya yang pertama masuk NICU dan biaya perawatannya sangat besar. Saya sempat khawatir dan saya merasa sangat beruntung  karena bayi baru lahir langsung dapat didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS. Allhamdulillah kepesertaannya langsung dapat digunakan dan saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun untuk biaya di fasilitas kesehatan,” cerita Mardayani kepada tim Jamkesnews pada Senin, 7 September 2020.

Mardayani merasa sangat beruntung dan tidak pernah menduga jika biaya perawatan anaknya semua dijamin sepenuhnya oleh Program JKN-KIS. Dirinya juga tidak mengalami kendala sama sekali selama menggunakan JKN-KIS. Mardayani menyampaikan harapannya agar Program JKN-KIS tetap ada dan tetap membantu masyarakat Indonesia.

“Selama saya memanfaatkan kartu kepesertaan JKN-KIS ini, sama sekali saya tidak pernah mendapatkan kendala apapun. Tidak ada tindakan perbedaan yang diberikan antara pasien umum dengan pasien BPJS Kesehatan, semua dilayani dengan sama baiknya. Banyak masyarakat yang tertolong oleh Program JKN-KIS ini. Harapannya Program JKN-KIS ini akan selalu hadir untuk masyarakat sehingga bisa membantu masyarakat untuk mendapatan akses pelayanan kesehatan yang baik tanpa harus dibuat khawatir oleh masalah biaya,” tutup Mardayani. (r/*)