Marak, Penjualan Kosmetik Tak Berizin di Dompu

Dompu (Suara NTB) – Banyak kosmetik tanpa izin edar dijual pedagang di komplek pasar Dompu. Temuan ini berdasarkan hasil pemeriksaan BPOM Mataram terhadap sejumlah toko penjualan bahan kecantikan di Dompu. Para pedagang tidak mengetahui produsen kosmetik yang dijual dan hanya mengetahui barang dibeli di Surabaya.

“Rata-rata kosmetiknya ndak jelas di pasar itu belinya di mana,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Tamben Dompu, Iskandar, kepada Suara NTB saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 16 November 2016.

Iklan

Iskandar menilai, kosmetik yang beredar di Dompu saat ini diduga kosmetik pinggiran yang tak memiliki perusahaan resmi. Dan kosmetik yang dijual ini sudah pasti membahayakan kesehatan masyarakat. Seperti halnya yang ditemukan beberapa waktu lalu, puluhan obat dan kosmetik yang dilarang beredar disita pihaknnya yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu.

Selain itu beberapa pedagang lainya yang menjual kosmetik tak jelas izin dan sumbernya, sudah diberikan peringatan berupa surat teguran. “Kalau izin resmi kan tahu alamatnya di mana, direkturnya siapa kan sudah jelas, kami sarankan untuk membuat izin dengan syarat perjelas sumbernya, kalau tidak cabut barangnya,” tegasnya.

Ia menyebutkan, selain ketidakjelasan sumber kosmetik tersebut, juga banyak ditemukan kosmetik kedaluwarsa. Untuk itu ia meminta para pedagang segera menarik kembali peredaran barang tersebut, sebelum dilakukan penyitaan dan tindakan hukum.

Selain pemeriksaan dan penindakan kosmetik, pihaknya juga intens melakukan sosialisasi terkait jenis-jenis obat yang telah dicabut izin peredarannya. “Itu rata-rata obat untuk kosmetik, cukup banyak obat yang dilarang peredarannya,” pungkas Iskandar. (jun)

  DKP Dompu Siapkan Cadangan Pangan Bagi Korban Bencana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here