Manggelewa Kini Punya Koramil

Mataram (Suara NTB) – Kecamatan Manggelewa, Dompu kini mendapat pengamanan teritori. Koramil 1614-06/Manggelewa resmi berdiri, di bawah jajaran Kodim 1614/Dompu.

Danrem 162/Wira Bhakti, Kolonel Inf H Farid Makruf meresmikan langsung Koramil 1614-06/Manggelewa, Selasa, 15 Mei 2018.

Iklan

Farid mengatakan, tugas pokok dan fungsi komando kewilayahan yakni menciptakan    ketahanan wilayah. Selaras dengan tugas aparat pemerintah daerah sehingga terwujudnya keamanan dan kesejahteraan  masyarakat.

“Pemekaran Koramil ini dilakukan karena Kabupaten Dompu memiliki kondisi geografi luas dengan jumlah Perkembangan penduduk yang sudah mulai meningkat,” ujarnya.

Selain itu, kata Farid, perkembangan kondisi sosial kemasyarakatan semakin kompleks. Menurutnya, pembentukan Koramil manggalewa sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas kewilayahan Kodim 1614/Dompu.

Farid juga menekankan kepada Danramil untuk melakukan pembinaan satuan dan wilayah secara serius dan berkesinambungan. “Caranya membentuk sistem kerja terintegrasi dengan aparat kepolisian dan aparat pemerintah kecamatan setempat terutama dalam upaya mengatasi setiap gejolak yang mungkin dapat terjadi di wilayah Manggelewa ini,” paparnya.

Metode lain yang bisa digunakan, kata Danrem, yakni dengan pembinaan teritorial dengan mengedepankan moto berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas. Sesuai dengan slogan TNI AD. Serta menjalin kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat.

“Tujuannya untuk membangun kesadaran bernegara guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat, sesuai pesan Panglima TNI Bersama Rakyat TNI  Kuat dan Bersama  TNI Rakyat Sejahtera,” pungkasnya.

Turut hadir diantaranya, Wakil Bupati Dompu, Kepala Depag Kabupaten Dompu, Camat dan kapolsek Manggalewa, Kades se Kecamatan Manggalewa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Peresmian Koramil 1614-06/Manggelewa dilanjutkan dengan penanaman pohon di halaman Koramil Manggalewa. (why)