Manfaatkan Air Hujan

Abadi (Suara NTB/dok)

MEMASUKI musim hujan, tampak seperti tidak ada lahan kosong di Lombok Timur (Lotim). Semua menjadi hijau oleh tanaman. Petani-petani yang ada di daerah tadah hujan ini diharapkan benar-benar memanfaatkan air hujan. Guna mengantisipasi kekeringan, petani diharapkan bisa panen air hujan.

“Kita berharap utamanya di daerah tadah hujan ini panen air saat hujan ini,” terang Kepala Dinas Pertanian Lotim, H. Abadi menjawab Suara NTB via ponselnya, Jumat, 19 November 2021.

Iklan

Dia menerangkan, selama musim hujan ini air melimpah dan banyak terbuang ke laut.Embung-embung milik petani ini diharapkan terisi selama musim hujan. “Kita tidak tahu kepastian tetap turunnya air hujan ini,” ucapnya.

Ribuan embung yang ada di Selatan Lotim ini misalnya dapat diperbaiki dulu sebelumnya dan terisi air hujan sampai berakhir musim tanam.

Kebutuhan dasar petani sambung H. Abadi adalah air. Ketika air sudah mencukupi, maka budidaya tanaman tidak akan mengalami kekeringan. Harapannya, musim tanam tahun ini tidak sampai mengalami kekeringan seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Diketahui, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi tahun ini cukup basah. Meski demikian, tidak juga langsung diyakini akan benar-benar terjadi hujan dengan intensitas lebih. Petani diingatkan tetap melihat ketercukupan air, sehingga tanaman yang ditanam ini bisa diselamatkan sampai waktu panen tiba. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional