Maling Spesialis Bobol Rumah Ditangkap

Kasatreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, Rabu, 4 Agustus 2021 menunjukkan barang bukti pencurian dengan pelaku komplotan dua orang.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Komplotan pencurian dengan pemberatan dengan sasaran perumahan ditangkap. Mereka SW (40) dan MB (52) selalu menyiapkan alat congkel saat beraksi. Para pelaku ini memantau rumah dengan pengamanan minim.

“Mereka membawa linggis, cungkit, dan senter. Keluar dari rumah niatnya memang untuk mencari sasaran pencurian,” ungkap Kasatreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, Rabu, 4 Agustus 2021.

Iklan

Para pelaku ini yang masing-masing berasal dari Bug-bug, Lingsar, Lombok Barat dan Selagalas, Cakranegara, Mataram kerap beraksi berdua. “Karena mereka punya tugas masing-masing di lokasi,” imbuhnya.

Keduanya ditangkap atas kasus pencurian di Desa Gegelang, Lingsar, Lombok Barat. Berbekal peralatan yang dibawa, mereka memutuskan masuk ke rumah korbannya dengan mencongkel pintu gerbang. Keduanya saling bekerjasama.

Tantangan pertama sudah mereka lewat sehingga bisa berada di halaman rumah. Di garasi, pelaku SW melihat sepeda kayuh yang bisa diembat. Tapi urung dilakukan karena kondisinya tidak memiliki nilai ekonomis.

Mereka lalu masuk ke dalam rumah dengan mencongkel jendela. Mereka lalu berbagi tugas. Pelaku SW mengambil dua ponsel pintar yang tergeletak di lantai ruang tengah. Sementara MB mengambil televisi di ruang tamu. SW mengantongi lagi dua ponsel di dekat televisi tersebut.

“Total yang mereka ambil itu ada satu TV dan empat HP,” kata Kadek Adi. Mereka kemudian bisa keluar rumah tanpa dipergoki penghuninya. Pelaku SW lalu mengambil tugas menyimpan barang curian di rumahnya.

Sehari berselang, keduanya lalu pergi menjual barang curian tersebut. Antara lain, televisi dijual Rp900 ribu, kemudian tiga ponsel dijual senilai Rp1,3 juta. satu HP lagi jatuh di sawah saat dibawa. “Hasil penjualannya dibagi dua, sama-sama Rp1,1 juta,” terangnya. Uang itu dipakai para pelaku untuk membeli minuman keras. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional