Malam Pergantian Tahun di Lombok Utara Disambut Gempa

Titik gempa di Lombok Utara beberapa saat setelah pergantian tahun.

Mataram (Suara NTB) – Malam pergantian tahun di Lombok Utara dikejutkan getaran gempa berkekuatan 3,0 Magnitudo. Getaran gempa tektonik terjadi
Selasa 1 Januari 2019 pukul 00.15 Wita, atau 15 menit setelah terompet pergantian tahun.

Hasil analisa BMKG menujukkan, gempa bumi ini berkekuatan Magnitude 3,0. Episenter terletak pada koordinat 8,36 LS dan 116,20 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer barat laut Lombok Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

Iklan

“Di Gondang, getaran terasa, tapi tidak ada kepanikan, ” kata Deddy, warga Gondang Lombok Utara dihubungi suarantb.com.

Ia hanya merasa getaran kecil yang diyakininya dipicu gempa. Meski relatif terasa kecil, namun cukup membuatnya was was. Deddy berharap tidak ada lagi gempa susulan.

Sementara Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto menjelaskan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara III MMI. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” sebutnya.

Agus Riyanto menambahkan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktifitas sesar aktif. “Ini hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust), ” kata Agus.

Kepada masyarakat di wilayah Lombok Utara, ia mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (ars)