Makmur-Ahda Kantongi Rekomendasi Dukungan PKB

Ketua DPW PKB NTB, Lalu Hadrian Irfani didampingi Sekretaris, Akhdiyansah menyerahkan Rekomendasi dukungan kepada pasanganMakmur-Ahda, Minggu, 9 Februari 2020. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kandidat pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram 2020, HL. Makmur Said – H. Badruttamam Ahda (Makmur-Ahda) memastikan kantongi rekomendasi dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Setelah DPP PKB resmi menyerahkan Surat Persetujuan rekomendasi dukungan kepada pasangan Makmur-Ahda, Minggu, 9 Februari 2020.

Dalam surat persetujuan Nomor : 115/Desk-Pilkada/PKB/2020, disebutkan bahwa berdasarkan penilaian dan pemetaan terhadap bakal calon walikota dan wakil walikota Mataram tahun 2020-2024. Desk Pilkada DPP PKB menyetujui dan merekomendasikan pasangan Makmur-Ahda sebagai pasangan calon.

Iklan

“Ya Alhamdulillah tadi kami menerima Surat Rekomendasi dukungan PKB. Insyaallah beberapa dukungan parpol lain akan segera menyusul juga,” ujarnya Kepada Suara NTB, Minggu, 9 Februari 2020.

Dalam surat rekomendasi itu, pasangan Makmur-Ahda diberikan tugas oleh Desk Pilkada PKB, pertama supaya segera melakukan komunikasi dengan partai politik lain guna melengkapi koalisi sebagaimana ketentuan untuk mendaftar ke KPU setempat. “PPP akan segera juga berikan kita rekomendasi, PAN juga demikian, tapi mereka setelah selesai Munas,” ungkap Makmur.

PKB juga memerintahkan kepada Makmur-Ahda untuk melakukan komunikasi intensif dengan pengurus DPW PKB NTB, DPC PKB Kota Mataram, dalam rangka menggerakkan struktur mesin politik partai serta menyusun program bersama untuk pemenang Pilkada.

Surat rekomendasi PKB tersebut hanya berlaku hingga Bulan April mendatang. Jika sampai April, Makmur-Ahda tidak bisa memenuhi ketentuan dalam surat rekomendasi dukungan tersebut dan DPP PKB menerbitkan surat keputusan dukungan, maka rekomendasi itu dapat dibayatakan tidak berlaku lagi.

Rekomendasi dukungan yang diberikan kepada pasangan Makmur-Ahda itu bersamaan diberikan dengan Paslon dari empat daerah lainnya yakni Pilkada Kabupaten Sumbawa dukungan diberikan kepada Dewi Noviany. Selanjutnya di Pilkada Kabupaten Bima, DPP PKB memberikan rekomendasi dukungan kepada kandidat petahana, Indah Damayanti Putri (IDP). Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) rekomendasi dukungan diberikan kepada pasangan petahana, Musyafirin-Fud Syaifuddin. Sementara untuk Kabupaten Lombok Utara (KLU) rekomendasi dukungan diberikan kepada kader sendiri yakni Djohan Sjamsu yang juga merupakan mantan Bupati periode 2010-2015.

“Untuk di Kabupaten Lombok Tengah, ada fit and proper test susulan karena, kemarin ada yang belum diuji. Sehingga DPP undang lagi mereka tanggal 11 Februari, nanti bersamaan diumumkan dengan Dompu,” ungkap Ketua DPW PKB NTB, L. Hardian Irfani.

Terhadap Bacalon yang sudah menerima rekomendasi sudah bisa dipastikan bakal menerima form dukungan model  B1 KWK yang resmi digunakan untuk mendaftar di KPU sebagai peserta pemilu. Kandidat figur pasangan bakal calon kepala daerah yang diberikan rekomendasi dukungan oleh DPP PKB tersebut adalah mereka yang dinyatakan lulus dalam tahapan fit and proper test yang dilakukan DPP PKB beberapa waktu lalu. (ndi)