Makam TGH Sibawaih, Bukit Indah yang Ramai Didatangi Peziarah

Makam TGH Sibawaih yang ramai dikunjungi para peziarah. (Ekbis NTB/rus)

Makam pengasuh Pondok Pesantren Yayasan Darul Yatama Wal Masakin (YADAMA) Jerowaru, TGH Sibawaih di Bukit Ujung Kemalik, Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru kini menjadi tempat yang ramai didatangi para peziarah. Makam yang berada di puncak bukit yang indah ini setiap hari tidak pernah sepi.

Pengurus YADAMA, Suandi Yusuf saat dikonfirmasi Ekbis NTB, Sabtu, 16 Januari 2021 menuturkan pengunjung yang datang ini sebagain besar adalah jemaah. Jamaah yang sangat mencintai Tuan Guru semasa hidupnya.

Iklan

TGH Sibawaih meninggal pada tanggal 24 November 2015. Ulama kharismatik asal Lombok bagian selatan ini memiliki sendiri Bukit Ujung Kemalik tersebut sebagai areal pemakamannya. Bahkan liang lahat tempatnya dimakamkan sekarang ini digali sendiri oleh TGH Sibawaih sebulan sebelum meninggal dunia.

“Dimakamkan di bukit itu (Bukit Ujung Kemalik) karena itu wasiat beliau sekitar 1 bulan sebelum meninggal saat almarhum menggali sendiri liang lahatnya,” tutur Suandi Yusuf menambahkan.

Wasiat sang Tuan Guru dilaksanakan keluarga meski tempatnya terbilang cukup jauh dari kediamannya di Jerowaru. Disampaikan Yusuf, Bukit Ujung Kemalik ini merupakan tempat yang cukup bagus untuk berwisata. “Tempatnya juga cukup bagus untuk refresh otak, karena kita bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian,” urainya.

Banyaknya warga yang akan datang berkunjung itu pun sudah dikabarkan jauh hari sebelumnya oleh tuan Guru. Kabarnya, pernah suatu  hari kala bersih-bersih di areal Bukit Ujung Kemalik, Tuan Guru berkata lokasi ini kelak akan ramai dikunjungi orang. Dalam tuturan bahasa Sasak, Pengiring TGH kata Yusuf menuturkan erak, yakn luek kadang jari anak wai yak lite kedek jok te.

Oleh penerus TGH Sibawaih, lokasi pemakaman ini sudah dipugar. Dibangun sejumlah fasilitas penunjang seperti tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya. Terlihat dari atas perbukitan pemandangan laut yang cukup indah. Lokasi ini juga terlihat berbeda dibanding kawasan Pemongkong dan sekitarnya. Terasa lebih sejuk karena ada rimbunan pepohonan. (rus) 

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional