Maju Pilkada, Pejabat ASN Diminta Segera Mundur

Muhammad Nasir (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menegur Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait netralitas termasuk di dalamnya pejabat yang akan maju dalam Pilkada 2020. Dari empat pejabat Pemprov yang akan maju dalam Pilkada sebanyak dua orang sudah mengajukan pengunduran diri dari ASN dan  satu sudah pensiun.

Sedangkan satu pejabat belum mengajukan pengunduran diri. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB menyarankan pejabat provinsi dan kabupaten/kota yang akan maju Pilkada sebaiknya mengajukan surat pengunduran diri sebagai ASN.

Iklan

Meskipun sesuai UU ASN, PNS yang maju dalam Pilkada mundur setelah ditetapkan menjadi pasangan calon kepala daerah. ‘’Sebaiknya mengajukan surat pengunduran diri supaya tak melanggar secara etika sebagai ASN,’’ saran Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 25 Juni 2020.

Sebanyak empat pejabat Pemprov NTB maju dalam Pilkada 2020. Yaitu, mantan Kepala Diskop UKM NTB, Drs. H. L. Saswadi, MM, Kepala DP3AP2KB NTB, Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M. Si, Pejabat BPKAD NTB, Dewi Noviani, dan pejabat Bakesbangpoldagri NTB yang juga mantan Wakil Bupati Lombok Tengah, H. L. Normal Suzanna.

Nasir mengatakan, Saswadi yang akan maju dalam Pilkada Loteng sudah pensiun pada Mei lalu. Sedangkan Dewi Noviani yang akan maju di Pilkada Sumbawa sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai ASN. Begitu juga Normal Suzanna, sudah mengajukan surat pengunduran diri.

‘’Tinggal kita tunggu Ibu Selly. Memang ini belum masuk tahapan.  Tapi karena sudah masuk riak-riaknya. Biar tak ada sempritan Bawaslu dan masyarakat. Sehingga kita mengkomunikasikan jangan sampai beliau tersandung,’’ katanya.

Kepada ASN Pemprov yang berada di kabupaten/kota, Nasir mengingatkan agar netral dalam Pilkada 2020. Pasalnya, ada tujuh ASN Pemprov yang ditegur karena dinilai tidak netral dalam Pilkada. ‘’Taati aturan bahwa ASN itu netral. Ini bukan imbauan tapi perintah UU. Kalau KASN memberikan rekomendasi, kami tindaklanjuti,’’ pungkasnya. (nas)