Mahasiswa Unram Kembali Harumkan Almamater di Kancah Nasional

Rektor Unram, Prof. H. Lalu Husni (empat dari kiri) bersama Dekan Fakultas Kedokteran Unram, Hamsu Kadriyan (ketiga dari kiri) mengapresiasi dan berfoto bersama dengan empat mahasiswa Fakultas Kedokteran Unram (jaket almamater Unram) yang menorehkan prestasi di kancah Nasional.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Empat mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) kembali menorehkan prestasi di kancah Nasional. Mereka adalah Luh Ade Dita Rahayu yang berhasil meraih Juara 2 dalam lomba bertajuk Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) 2021. Sementera itu, Abiyyu Didar Haq, Putu Diah Ananda Putri Atmaja, dan Visakha Vidyadevi Wiguna berhasil menyabet juara 3 dalam lomba Intermedisco 2021.

Temilnas merupakan kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diikuti oleh puluhan mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia. Temilnas merupakan ajang tahunan dalam naungan Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (BAPIN-ISMKI) yang tahun ini diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Lomba meliputi bidang esai ilmiah, literature review, penelitian multicenter, poster publik, dan video edukasi

Iklan

Dita panggilan akrab Luh Ade Dita Rahayu, berhasil bersaing dengan perguruan tinggi besar seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Udayana, dan Universitas Baitturahman.

Mengusung masalah penyakit kecacingan yang masih menjadi tantangan di Indonesia dan dunia. Dita menawarkan terapi preventif sebagai solusi dalam mencegah malnutrisi pada anak dengan infeksi kecacingan.

Idenya tersebut kemudian ia presentasikan di hadapan dewan juri secara online pada tanggal 14-15 Agustus 2021. Mahasiswi FK Unram semester VII itu akhirnya dinobatkan menjadi Juara 2 mengalahkan Universitas Hasanuddin yang keluar sebagai Juara 3, sedangkan Juara 1 berhasil diraih oleh Universitas Padjajaran.

“Bersyukur dan bangga karena dapat bersanding bersama teman-teman keilmiahan kedokteran yang tersebar di berbagai institusi di seluruh Indonesia,” ungkap Dita.

Ia berharap Universitas Mataram dapat terus bersanding mencetak prestasi khususnya dalam bidang keilmiahan dan kedokteran.

Senada dengan prestasi yang ditorehkan Dita, Abiyyu Didar Haq, Putu Diah Ananda Putri Atmaja, dan Visakha Vidyadevi Wiguna, ketiganya berhasil juga menyabet Juara 3 dalam lomba INTERMEDISCO 2021 yang diadakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII), 24 Maret-28 Agustus 2021.

Turun di Cabang Lomba International Literature Review, Abiyyu dkk berhasil menyisihkan 42 peserta mahasiswa Fakultas Kedokeran dari seluruh Indonesia. Pada babak penyisihan 10 tim dengan nilai tertinggi berhak maju ke Grand Final, di antaranya Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Jember, Universitas Airlangga, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, dan Universitas Mataram.

Hasil penilaian di babak final yang merupakan akumulasi dari nilai karya, presentasi, dan sesi tanya jawab, berhasil menghantarkan Unram keluar sebagai Juara 3. Berada di bawah Universitas Indonesia yang memborong Juara 1 dan 2.

“Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan penghargaan ini, sekaligus dapat mengharumkan nama Universitas Mataram,” tutur Abiyyu.  “Pada kesempatan ini, kami juga banyak belajar dari finalis yang lain dan harapan ke depannya bisa bermanfaat untuk adik-adik tingkat kami di FK Unram,” lanjutnya.

Tak lupa ke empat mahasiswa berprestasi ini mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unram, Dekan FK dan dosen pembimbing mereka, yang telah memberikan dukungan penuh sehingga bias mengharumkan almamater tercinta.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Mataram, Prof. Dr. H. Lalu Husni, S.H., M.Hum., dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL(K), M.Kes., FICS, atas dukungan yang diberikan. Serta kepada dr. Cut Warnaini, MPH yang telah membimbing kami,” pungkasnya.

Atas prestasi yang diukir, Prof. H. Lalu Husni secara langsung memberikan ucapan selamat dan memberikan penghargaan berupa uang pembinaan di ruang Lobi Rektor, Rabu, 15 September 2021.

“Selamat atas prestasi kalian yang luar biasa, yang telah mengharumkan nama Universitas Mataram di kancah nasional, jangan puas diri terhadap apa yang telah dicapai, tetapi ini menjadi awal untuk adik-adik bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang,” kata Prof. Husni.

Prof. Husni berpesan agar prestasi yang sudah dicapai ini bisa ditularkan, tidak saja di FK Unram, tetapi juga ke fakultas-fakultas yang lain sehingga lebih banyak lagi mahasiswa Unram yang meraih prestasi di kancah nasional bahkan internasional. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional