Mahasiswa Bidikmisi Galang Dana untuk Korban Bencana

Mahasiswa bidikmisi saat menyerahkan bantuan ke korban bencana di Sekotong dan Kuta. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di NTB tergerak untuk membantu korban banjir yang melanda daerah Sekotong dan Kuta. Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Bidikmisi atas musibah tersebut, Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Cabang NTB (Permadani Diksi NTB) sebagai Organisasi Bidikmisi di NTB menginisiasi aksi penggalangan dana pada 4-7 Februari 2021.

Koordinator Aksi, Muh. Hamzani yang juga selaku Koordinator Permadani Diksi Cabang NTB mengungkapkan, aksi galang dana ini murni dilakukan atas kepedulian mahasiswa Bidikmisi kepada masyarakat yang terkena musibah banjir.

Iklan

“Aksi penggalangan dana ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami selaku mahasiswa bidikmisi di Provinsi NTB kepada masyarakat yang terkena dampak banjir di Sekotong dan Kuta,” ujarnya.

Sebagai mahasiswa penerima bantuan pendidikan dari pemerintah, menjadi sebuah kewajiban mahasiswa Bidikmisi untuk selalu peduli dengan keadaan masyarakat sekitar salah satunya seperti saat terjadinya musibah bencana alam.

Aksi tersebut diikuti oleh mahasiswa Bidikmisi Universitas Hamzanwadi (Unham), Formadiksi Unram, Formasi UIN Mataram, dan Formasi Ummat. Aksi galang dana tersebut dilaksanakan di beberapa titik lampu merah di Kota Selong dan Pancor Lombok Timur yang melibatkan lebih dari 70 mahasiswa Bidikmisi dari berbagai daerah di NTB khususnya yang ada di Pulau Lombok.

Dari aksi tersebut Hamzani mengungkapkan total dana yang terkumpul selama empat hari penggalangan dana sebesar Rp17.346.600. Dana yang dihasilkan tersebut kemudian disalurkan secara langsung ke daerah yang terdampak.  Penyaluran bantuan berupa paket tersebut difokuskan di Dusun Sekotong 1 Desa Sekotong Tengah dan di Dusun Baturiti Desa Kuta.

Sebelumnya juga, aksi yang sama pernah dilakukan tanggal 23-24 Januari lalu saat banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat terjadi. Aksi tersebut difokuskan di Kota Mataram dengan melibatkan lebih dari 50 mahasiswa Bidikmisi Unram, UIN, Ummat, dan Unham. Total dana yang terkumpul saat itu berjumlah Rp10.470.100, dan disalurkan melalui lembaga Laznas Dewan Dakwah Perwakilan NTB. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional