Mahasiswa Amerika Magang di UTS

Mahasiswa asal Amerika yang magang di UTS foto bersama dengan Civitas UTS. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pekan ini, Universitas Teknologi  Sumbawa kedatangan tamu istimewa, yaitu seorang mahasiswa Northeastern University, Boston Amerika. Mahasiswa bernama Constantinos Psyllos ini akan berada di UTS selama enam bulan mendatang. Jauh jauh datang dari Amerika untuk mengikuti program internship atau magang di UTS.

Selama berada di UTS, Ia akan menjadi ‘buddy’ (teman) para mahasiswa UTS untuk berlatih berbahasa inggris. Sehingga para mahasiswa UTS juga bisa melibatkannya dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.  Ia juga diharapkan menjadi partner untuk para Staf dan Dosen UTS yang ingin menjaga kemampuan bahasa inggrisnya.

Iklan

“Lebih dalam lagi, kami tugas kan ia untuk ikut serta dalam melakukan kajian, usaha preservasi dan promosi budaya  Sumbawa  ke dunia internasional. Dengan studi Art and Media Design yang ia geluti di USA, dan jiwanya yang suka berpetualang, saya yakin ia bias memenuhi ekspektasi  kami,” tutur Rektor UTS, Dr. Andy Tirta, Kamis,  24 Januari 2019.

Selain itu juga agar mahasiswa dan seluruh civitas akademika UTS menjadi terbiasa bergaul secara internasional. Tidak takut dengan ‘bule’ atau bahkan memandangnya berlebihan. Sehingga menumbuhkan inferioritas serta mengingatkan kepada semua bahwa dunia ini sangat luas. Karenanya harus siap berkolaborasi dengan siapapun dan menghargai hal-hal yang mungkin jauh berbeda dari kebiasaan kita sehari-hari.

Kehadiran Constantin di UTS berawal dari keikutsertaan Dr. Andy Tirta dalam program YSEALI 2018 ke US selama 6 minggu dari tgl 05 oktober – 17 November 2018, sebagai informasi program YSEALI yang disponsori penuh oleh Dept of State US, ditujukan untuk kalangan profesional disegala bidang dengan tema “Governance and Society”.

Setelah melalui serangkaian test dan intervew ahirnya Dr. Andy Tirta lolos mengikuti program YSEALI bersama beberpa profesional lainya. Selama berada di US tepatnya di Washington DC beliau berkesempatan mengunjungi beberapa tempat bersejarah dan juga beberapa Universitas yang ada disana. Setali tiga uang Dr. Andy Tirta sekaligus memperkenalkan UTS dan program internship di UTS kepada tim pengajar dan mahasiswa di sana, termasuk di Kampus Northeastern University, Boston, dan Constantin salah satu mahasiswa yang tertarik mengikuti program Internship di UTS.

Motivasi Cons mengikuti program internship ini adalah untuk bertukar pengalaman, wawasan, ilmu dengan mahasiswa, Dosen dan staf di UTS, juga belajar budaya Sumbawa dan Indonesia. Sesuai dengan background pendidikan Studi Art and Media Design. Selain itu pihak UTS juga akan mengajak Constantin terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, agar bisa membawa “oleh-oleh” yang bermanfaat ke Negaranya. Apalagi Ia memiliki hobi traveling, maka sangat antusias mengikuti program magang ke UTS ini. Beberapa hari berada di Sumbawa dan UTS, Ia sangat terkesan terhadap sambutan masyarakat sekitar yang ramah dan selalu menyapanya saat berpapasan.

Ke depannya, lanjut Andy Tirta,  UTS akan menerima mahasiswa-mahasiswa asing untuk mengikuti program internship/magang berbarengan dengan UTS akan membuka kelas internasional. Dua  hal ini akan menjadi salah satu perhatian khusus bagi UTS, mengingat program-program ini sangat baik untuk perkembangan Kampus dan wisata Sumbawa. (arn)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional