Madani NW Aikmual Ikhtiar Jadi Sekolah Pendukung ‘’Zero Waste’’

Praya (Suara NTB) – Madrasah Aliyah Darul Aminin NW Aikmual Kecamatan Praya Lombok Tengah (Loteng) sekarang ini sedang berikhtiar menjadi sekolah pendukung Zero Waste yang sedang diprogramkan Pemprov NTB. Madrasah yang akrab disebut dengan Madani ini didirikan pada 5 Juli 1984 oleh Dewan Pengurus Ponpes Darul Aminin NW Aikmual.

Menurut Kepala Madani NW Aikmual Zulfikri, SPd., ikhtiar menjadikan sekolah yang dipimpinnya menjadi pendukung zero waste adalah sebagai perwujudan dari cita-cita untuk turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa, khususnya melalui jalur pendidikan.

Iklan

Zulfikri yang merupakan aktivis penggerak bebas sampah  di Loteng ini, menjelaskan, jika program zero waste yang diprogramkan pasangan Dr. Ir. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah adalah program yang penting bagi keberlanjutan bumi yang bersih dan lestari.

Untuk itu, ujarnya, keterlibatan aktif Madani pada program zero waste adalah sebagai bukti nyata kiprah madrasah dalam mendukung bumi yang lestari. ‘’Bumi yang sehat dan layak ditempati untuk generasi saat ini dan generasi yang akan datang,’’ terangnya, Rabu, 24 Februari 2021.

Dalam mendukung program zero waste ini, pihaknya meminta siswa mengumpulkan sampah, baik organik maupun an organik. Sampah-sampah ini kemudian dipilah sesuai dengan jenisnya. Terhadap sampah yang bisa dimanfaatkan diolah menjadi produk yang bernilai tinggi, sehingga bisa memberikan manfaat bagi siswa dan lingkungan.

Tidak hanya itu, pihaknya ingin agar siswa sadar mengenai bahayanya sampah yang dibuang sembarangan, sehingga nanti saat berada di masyarakat bisa menjadi contoh untuk memanfaatkan sampah. Termasuk membuang sampah pada tempatnya dan masyarakat menjadi sadar agar tetap menjaga lingkungan tetap bersih.

Dijelaskannya, Madani yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul Aminin NW Aikmual diketuai H. M. Fihiruddin, SPd., memiliki 27 tenaga pengajar dan 5 staf dan memiliki 181 siswa. Di sinilah, ujarnya, kesungguhan para guru dalam melaksanakan proses pendidikan, didukung oleh para staf dan dewan pengurus yayasan, serta semangat para siswa dalam menuntut ilmu, telah mengantar Madani menjadi lembaga pendidikan berkualitas, yang diakui dengan diperolehnya akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (ham)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional