MacMahon Buka Lowongan Rekrutmen Karyawan Non Skill Khusus KSB

Taliwang (Suara NTB) – PT MacMahon Indonesia tampaknya masih terus menambah jumlah kebutuhan tenaga kerjanya. Di tengah proses rekrutmen yang masih berlangsung saat ini, perusahaan aliansi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di proyek tambang Batu Hijau itu kini bersiap membuka kembali lowongan khusus bagi pencari kerja lokal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KSB, H. Abdul Hamid. M.Pd mengatakan, spesifikasi rekrutmen tenaga kerja lokal KSB ini dikhususkan bagi tenaga non skill (tanpa keterampilan). Di mana sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan, jumlah pekerja yang akan diterima sebanyak 60 orang. “Jadi jumlahnya juga terbatas dan tidak sebanyak jumlah rekrutmen awal,” terangnya kepada wartawan.

Iklan

Dari 60 pelamar yang dibutuhkan itu, perusahaan melalui tim rekrutmen bersama tenaga kerja PT MacMahon Indonesia yang diketuai langsung bupati KSB, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM telah melakukan pembagian per wilayah. Rinciannya sebanyak 30 untuk kecamatan Sekongkang, 10 kecamatan Maluk, 10 untuk kecamatan Jereweh dan 10 sisanya akan didistribusikan ke 5 kecamatan lain di KSB.

Dijelaskan H. Hamid, secara khusus oleh Pemda KSB rekrutmen ini memang sebagai bentuk penghargaan kepada wilayah lingkar tambang (Sekongkang, Maluk dan Jereweh). Namun demikian prioritas itu bukan sebagai jawaban pemerintah dan perusahaan adanya tekanan selama ini dari masyarakat setempat.

“Ini tidak ada kaitannya dengan protes dan demo yang pernah terjadi di lingkar tambang. Ini semata komitmen pak bupati,” elaknya.

Untuk teknis penerimaan 60 pelamar non skill ini sendiri, dikatakan H. Hamid tidak akan sama persis dengan proses awal. Pelamar akan langsung diseleksi dari data lamaran tahap awal yang sudah masuk sebelumnya. Pelamar yang menempati nomor urut tertinggi dari proses rekrutmen awal secara otomatis akan diambil oleh tim untuk mengikuti seleksi lanjutan.
“Jadi tidak ada proses memasukkan lamaran lagi, kita cukup ambil dari hasil perengkingan lamaran yang masuk sebelumnya di tahap awal,” papar H. Hamid.

Disinggung mengenai rekrutmen non skil tahap awal? H. Hamid mengakui, sementara ini belum ada yang dipekerjakan. Mereka sementara ini masih menunggu jadwal kegiatan pelatihan sebelum kemudian di tempatkan di bagian kerjanya masing-masing.

“Tapi sebagian mereka sudah ada yang teken kontrak dan menerima gaji. Begitu juga yang skill masih ada yang perlu dilatih makanya proses pelatihannya sedikit berjalan lambat,” pungkasnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here