Macet, Rencana Penyaluran Honor Ketua RT di Mataram

I Made Putu Sudarsana. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Program penyaluran honor bagi Ketua Rukun Tetangga (RT) yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram belum bisa terEalisasi. Meskipun dijadwalkan mulai pada awal 2021, pembelanjaan APBD 2021 yang masih tersendat disebut menjadi kendala utama.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Mataram, I Made Putu Sudarsana, menerangkan seluruh program pemerintah, baik untuk pembangunan maupun penyaluran honor ketua RT tersebut hanya dapat terealisasi jika APBD telah mulai dijalankan. “Honor untuk ketua RT ini sebenarnya sudah kita alokasikan di masing-masing kelurahan melalui dana kelurahan,” ujarnya, Jumat, 5 Februari 2021.

Iklan

Diterangkan, jika honor untuk ketua RT tersebut terlambat dibayar, pihaknya siap melakukan pembayaran honor secara akumulatif. Artinya disesuaikan dengan jumlah honor per bulan sebesar Rp250 ribu terhitung mulai Januari 2021.

“Jumlah ketua RT di 50 kelurahan di Kota Mataram itu sebanyak 1.800 orang. Semuanya akan mendapatkan honornya setiap bulan dari pihak kelurahan masing-masing,” jelasnya. Menurut Putu, penyaluran honor bagi ketua RT tersebut tetap menjadi prioritas pemerintah di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang masih terjadi sampai saat ini.

Menurut Putu, selama ini Ketua RT di Mataram memang bekerja secara sukarela. Dengan alokasi anggaran untuk honorarium tersebut, pihaknya berharap apresiasi pemerintah bagi kinerja Ketua RT dapat tersampaikan.

“Rencana memberikan insentif ke Ketua RT ini sudah lama, tapi kondisi keuangan daerah ini memang menjadi salah satu faktor penentu. Jadi karena keinginan Pemkot ada dan rupanya teman-teman di RT juga menyuarakan itu, anggarannya juga ada disiapkan, kenapa tidak kita lakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, menerangkan defisit yang tidak terlalu tinggi pada APBD yang terdampak Covid-19 adalah hal yang patut disyukuri. Pasalnya, Pemkot Mataram tetap bisa melaksanakan beberapa program prioritas, salah satunya penyaluran honor bagi Ketua RT.

“Jumlahnya memang tidak terlalu besar, tapi ini harus kita mulai. Ke depan kita harapkan bisa ditingkatkan,” ujarnya. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional