Lurah di Mataram Mengundurkan Diri, Pelayanan Tak Boleh Terganggu

Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang juga Sekretaris Daerah Kota Mataram Ir. H. Effendi Eko Saswito mengaku belum menerima laporan terkait mengundurkan dirinya Lurah Kebon Sari, M. Faisal. Meski demikian, pelayanan di kelurahan harus dipastikan tak terganggu.

“Belum saya terima laporannnya,” kata Eko, Senin, 29 Oktober 2018. Eko juga tak mengetahui apakah surat pengunduran diri yang bersangkutan telah dikirim ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) atau tidak. BKPSDM sambungnya, belum menginformasikan.

Iklan

Kalaupun itu benar, Baperjakat akan memproses. Sebelumnya, akan dikonfirmasi ke camat permasalahannya, sehingga bawahannya mundur. “Yang kita tanya camatnya. Apakah alasannya terus mundur,” ujarnya.

Jika alasan butuh penyegaran kata Eko, Baperjakat yang memiliki pertimbangan. Selanjutnya, pejabat pembina kepegawaian yang merotasi pejabat. Sekda akan mengecek apakah setelah mengajukan surat pengunduran diri telah masuk atau tidak.

Jika diketahui pejabat Lurah tersebut tidak masuk kerja, maka akan ditunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk memperlancar pelayanan di masyarakat.

Seperti diketahui, Lurah Kebon Sari M. Faisal secara resmi melayangkan surat pengunduran dirinya ke BPSDM sebagai lurah. Keputusan pengunduran itu karena alasan keluarga. Faisal pada bulan April 2019 mendatang genap tujuh tahun sebagai lurah. Secara aturan sesuai Undang – undang Nomor 5 tahun 2014 aparatur sipil negara mengisyaratkan seorang pejabat maksimal lima tahun menempati jabatan tertentu.

Hanya saja aku Faisal, surat keputusan (SK) sebagai lurah kembali diperbarui tahun 2016 lalu. Artinya, jabatannya sebagai lurah terhitung mulai dari nol. Tak hanya alasan pribadi diungkapkan. Enam tahun menjalankan tugas dengan rutinitas, permasalahan sama dan terus berulang membuatnya jenuh. Paling tidak ada penyegaran, sehingga pengetahuan serta kompetensinya bertambah. (cem)