Lulus UKG, Pekan Depan, SK Gubernur Guru Non-ASN Diberikan

Ilustrasi Berkas. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemberian SK Gubernur NTB untuk penugasan kepada guru non-Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lulus Uji Kompetensi Guru (UKG) non-ASN tahun 2020 selangkah lagi akan diberikan. Jika tidak ada halangan, pemberian SK tersebut akan dilakukan pekan depan. Di minggu ini tengah dilakukan perampungan petikan SK gubernur tersebut.

Hal itu disampaikan Penanggung jawab Kegiatan UKG non-ASN Tahun 2020, Rizaldi Harmonika Ma’az, S.Pd. Menurutnya, Gubernur NTB telah menandatangani SK tersebut pada bulan Februari lalu. Saat ini tengah dirampungkan petikan SK. Jumlah penerima SK Gubernur secara akumulasi sekitar 4.476 orang dari seluruh NTB.

Iklan

“Pekan depan sudah bisa dibagikan. Jumlah itu belum dikurangi guru yang diterima melalui mekanisme Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” ujarnya.

Rizaldi merincikan, jumlah 4.476 itu merupakan angka akumulasi dari SK tahun-tahun sebelumnya. Dari jumlah itu, sebanyak 1.918 merupakan guru non-ASN yang lulus UKG non-ASN tahun 2020. Di samping itu, ada juga guru non-ASN yang mendapatkan perpanjangan SK. “Sisanya adalah penerima SK tahun 2019 dan 2020, ditambah guru honor yang sudah sertifikasi diajukan juga untuk dapat SK gubernur sebagai salah satu syarat sertifikasinya,” jelas Rizaldi.

Menurutnya, SK Gubernur ini juga sebagai salah satu syarat untuk guru non-ASN bisa memperoleh sertifikasi. Salah satu fungsi SK gubernur itu agar guru non-ASN bisa masuk Data Pokok Pendidikan (Dapodik). “Kalau punya sertifikat pendidik, tapi tidak punya SK pengangkatan dari kepala daerah atau yayasan, tidak bisa dibayarkan tunjangan sertifikasinya. Salah satu fungsi SK gubernur agar guru bisa masuk dapodik, sehingga bisa juga ikut seleksi PPPK,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 1.918 guru non-Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 3.899 guru non-ASN yang menjadi peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) Non-ASN tahun 2020 dinyatakan memperoleh nilai di atas 65. Dengan demikian mereka memenuhi syarat mendapatkan SK penugasan dari Gubernur. Nilai yang diumumkan itu sudah merupakan nilai tes ditambah bobot masa pengabdian. Nantinya guru non-ASN yang belum memenuhi syarat atau belum mendapatkan nilai di atas 65 bisa megikuti UKG non-ASN di tahun 2021. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional