Lulus Homologasi, Sirkuit Internasional Mandalika Siap untuk Final WSBK

Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) selaku penyelenggara balapan sedang mengejar berbagai kelengkapan Pertamina Mandalika International Street Circuit  yang akan menjadi sirkuit World Superbike pada 19-21 November 2021 mendatang. (Suara NTB/itdc)

Praya (Suara NTB) – Seluruh proses dan tahapan homologasi terhadap sirkuit internasional Mandalika, akhirnya tuntas dilalui dengan mulus. Sehingga sirkuit dengan nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini dinyatakan lulus homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan  dinyatakan layak menggelar ajang balapan dunia. Termasuk untuk final race World Superbike (WSBK) pada Minggu, 21 November 2021 besok.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, Jumat 19 November 2021, menjelaskan, proses penilaian akhir homologasi atas sirkuit internasional Mandalika digelar FIM, pada Kamis, 18 November 2021. “Berdasarkan hasil inspeksi lapangan yang dilakukan FIM, (Sirkuit Mandalika) dinyatakan layak digunakan untuk penyelenggaraan ajang balap MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) 2021,” terangnya.

Iklan

 Keberhasilan tersebut tentunya menjadi gembira. Bukan hanya bagi ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika tempat lokasi sirkuit internasional Mandalika berada maupun pihak MGPA, tetapi juga masyarakat Indonesia. Di mana Indonesia kini resmi memiliki sirkuit internasional dengan grade A. “Tentu Ini satu kebanggaan bagi kita semua,” tegasnya.

Diakuinya, Sirkuit Internasional Mandalika merupakan sirkuit baru dan tidak mudah bisa menjadi sirkuit internasional dengan grade A. Jika tidak dengan upaya dan kerja keras serta dukungan semua pihak.  Lebih-lebih dengan kenyataan pembangunan sirkuit internasional Mandalika terbilang cepat, yakni hanya sekitar 14 bulan, dari proses awalnya.

“ Itu artinya, kita telah membuktikan bahwa kita mampu. Dan, sirkuit ini layak serta memiliki kualitas untuk menggelar event balap motor internasional,” tandas Ricky.

Bagi MGPA sendiri, capaian ini merupakan pemacu semangat untuk bisa terus all out dalam menggelar rangkaian balapan WSBK yang mulai berlangsung Jumat sampai balapan akhir pada Minggu besok.

Rangkaian balapan WSBK dibuka balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Di mana untuk hari Jumat ada 6 sesi free practice IATC, WSSP dan WSBK serta IATC race 1. Kemudian pada Sabtu hari ini terdapat 8 sesi, termasuk IATC race 2 dan 3, The Supersport World Championship (WorldSSP) race 1, WSBK Free Practice dan race 1. Sementara pada Minggu besok terdiri dari 7 sesi, termasuk IATC race 4, WSSP race 2, final race WSBK, serta Winners’ Awards Presentation WSBK. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional