LPMP NTB Berkomitmen Bangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

Kepala LPMP NTB, Mohammad Mustari (ke tiga dari kanan) berfoto bersama dengan salah satu pemateri In House Training, AKBP Indarto (ke empat dari kanan), Penanggungjawab kegiatan In House Training yang juga Kepala Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi LPMP NTB, I Made Murta Astawa (dua dari kanan), bersama pejabat LPMP NTB dan pejabat instansi lainnya.(Suara NTB/ron)

Giri Menang (Suara NTB)  –  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB berkomitmen membangun Zona Integritas-Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK). Hal itu ditandai dengan pencanangan ZI-WBK pada kegiatan pengembangan kapasitas sumber daya manusia LPMP NTB melalui In House Training (IHT) untuk peningkatan kinerja melalui implementasi ZI-WBK. Kegiatan itu dilaksanakan di Hotel Jayakarta, Lombok Barat, dari Senin, 17 Februari 2020 sampai dengan Kamis, 20 Februari 2020.

Kegiatan itu dihadiri Kepala LPMP NTB, Mohammad Mustari, MM., MA. Ph.D., Penanggung Jawab kegiatan In House Training  yang juga Kepala Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi LPMP NTB, Drs. I Made Murta Astawa, M.Pd., seluruh pejabat LPMP NTB, dan seluruh pegawai LPMP NTB, serta dari BP-PAUD dan Dikmas NTB dan Kantor Bahasa NTB. Pencanangan Zona Integritas-Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) di LPMP dilaksanakan pada Selasa, 18 Februari 2020 disaksikan juga oleh pihak eksternal seperti dari Ombudsman RI, dan undangan lainnya.

Iklan

Kepala LPMP NTB, Mohammad Mustari, menjelaskan, maksud dan tujuan dari pencanangan pembangunan adalah meningkatkan komitmen bersama, sinergitas, kekompakan, dan kerjasama seluruh pegawai baik ASN maupun PPNPN di lingkungan LPMP NTB dalam Pembangunan ZI-WBK. “Pencanangan Pembagunan ZI-WBK di lingkungan LPMP NTB  di samping disaksikan oleh pihak internal juga disaksikan oleh pihak eksternal, dan baru tahun 2020 pencanangan  ini disaksikan oleh pihak eksternal di luar Kemendikbud,” ujarnya.

Di samping pencanangan dan penandatanganan piagam pembangunan ZI-WBK juga dilakukan penandatanganan maklumat keterbukaan informasi publik, penandatanganan komitmen bersama, penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas pegawai LPMP NTB, ASN dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Mustari menyampaikan, Melalui In House Training (IHT) Pengembangan SDM, diharapkan peningkatan kinerja LPMP NTB dapat segera diwujudkan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Tujuan dari kegiatan dari IHT  adalah  untuk meningkatkan pemahaman tentang Pembangunan ZI-WBK. juga untuk meningkatkan kemampuan Pegawai LPMP NTB dalam Implementasi ZI-WBK. Selain itu untuk meningkatkan sinergitas, kekompakan, dan kerjasama seluruh Pegawai LPMP NTB. “Dan pengembangan kapasitas SDM dalam rangka peningkatan kinerja melalui implementasi ZI-WBK,” katanya.

Sejumlah pemateri dihadirkan pada kegiatan IHT tersebut yaitu Analis Kebijakan Tipikor Bareskrim Polri, AKBP Indarto; Inspektur II pada Inspektorat Jenderal Kemdikbud, Subiyantoro; Auditor Utama pada Inspektorat Jenderal Kemdikbud, Maralus Panggabean; Kepala LPMP Lampung, Dr. Zukirman; dan Kabag Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian, Suhartono Arham

Salah satu pemateri Indarto menyampaikan LPMP NTB sudah mencanangkan diri untuk berkomitmen membangun ZI-WBK, hal itu sebagai modal yang cukup banyak. Diharapkan kegiatan tersebut sebagai momentum LPMP NTB membangun ZI-WBK. Menurutnya, menjaga integritas sangat penting terutama bagi lembaga pendidikan seperti LPMP.

“Hal yang utama dalam mendidik adalah bagaimana kita mendidik perubahan karakter anak didik, dapat berubah ketika tenaga pendidik berkarakter atau berintegritas, sangat signifkan ketika lembaga pendidikan punya integritas. LPMP  NTB sudah berintegritas tinggal ditingkatkan,” katanya. (ron/*)