Lotim Tidak Perlu Bergantung Telur dari Luar Daerah

Tampak peternak ayam petelur di Lotim sedang memberi pakan ayam peliharaannya. (Suara NTB/ ist)

Selong (Suara NTB) – Adanya protes peternak ayam petelur hingga melakukan pencegatan beberapa hari terhadap truk pengangkut telur dari luar daerah jadi atensi wakil rakyat Lotim. Para peternak ayam petelur lokal ini semestinya mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Pemenuhan telur sebagai salah kebutuhan protein masyarakat Lotim semestinya tidak perlu bergantung dari luar daerah.

Demikian penegasan Wakil Ketua DPRD Lotim, H. Daeng Paelori menjawab Suara NTB via ponselnya, Rabu, 22 September 2021.  “Semestinya, peternak juga diberikan perhatian yang serius,” saran mantan Ketua DPD II Partai Golkar Lotim ini menegaskan.

Iklan

Bentuk pembelaan dari pemerintah ini, katanya, tidak saja memberikan imbauan membeli dan konsumsi produk ayam petelur lokal. Akan tetapi juga pada aspek ketahanan bisnis dari para peternak ayam petelur ini juga peru diperhatikan.

Apalagi Lotim memiliki program Berantas Rentenir Melalui Kredit Tanpa Bunga Perbankan (Berkembang). Program pemberian subsidi bunga ini diharapkan Daeng tidak saja diberikan kepada  peternak sapi. Peternak ayam petelur dan peternak-peternak lainnya juga harus kecipratan.

Selain itu, semua aktivitas usaha yang dijalankan oleh masyarakat Lotim, termasuk peternak petelur ini semestinya mendapatkan porsi bantuan yang layak.  Termasuk pada aspek pengadaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diharapkan diambil dari telur-telur produksi oleh peternak lokal.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lotim, drh. H. Achsan Nasirul Huda menegaskan, semestinya mayarakat Lotim tidak perlu mendatangkan telur dari luar daerah. Sejauh ini, Disnakeswan juga belum pernah mengeluarkan rekomendasi untuk mendatangkan telur dari Jawa dan Bali.

Hasil produksi telur dari para peternak Lotim sudah sangat mencukupi. Apalagi dilihat dari rata-rata konsumsi terlur per kapita per tahun. Dilihat dari keseluruhan hasil produksi telur dari peternak Lotim sudah sangat mencukupi. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional