Lotim Mulai Bangun Instalasi “Command Center Smart City”

Mustawan. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Program command center yang tengah digarap Pemkab Lotim melalui Dinas Kominfo dan Persandian terus berjalan. Hanya saja progres pembangunan instalasi command center smart city saat ini baru berjalan sekitar 10 persen dari waktu pengerjaan sekitar 150 hari.

 “Kita targetkan hingga akhirnya tahun program command center ini tuntas. Sementara posisi saat ini baru 10 persen dari 150 hari sesuai waktu pelaksanaannya,” terang Kepala Bidang (Kabid) Persandian Diskominfo Lotim, Mustawan, Rabu, , 28 Juli 2021.

Iklan

Selain command center smart city ini, yang tengah dikerjakan juga berupa big data atau data center. Di mana dalam data center ini nantinya akan mengintegrasikan semua data yang ada di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga kepala daerah dapat memantau dan mengevaluasi kegiatan yang sedang dilaksanakan, bagaimana serapan anggaran, apa kendala di lapangan di masing-masing OPD dan lain sebagainya.

 “Hadirnya Command Center Smart City ini untuk mengakses dengan cepat perkembangan informasi di masing-masing OPD sehingga dapat menjadi rujukan mengevaluasi kinerja OPD,” ungkapnya. Termasuk dapat memperlancar segala akses informasi dari semua OPD. Pasalnya langkah yang sudah dilakukan saat ini berupa menyambungkan jaringan ke semua OPD dan sejauh ini sudah didirikan sekitar 60 tower.

“Sebanyak 36 OPD yang ada di lingkup Pemkab ini akan terkoneksi nantinya,” katanya. Sementara anggaran untuk kegiatan tersebut sebesar Rp7 miliar yang terdiri dari tiga bagian yang terdiri dari perencanaan sebesar Rp100 juta, pengawasan sebesar Rp50 juta dan untuk kegiatan induknya sebesar Rp6,8 miliar. (yon)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional