Lotim Khawatirkan Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19

Pathurrahman (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Menjelang lebaran ini, tidak ditampik sudah terjadi kerumunan massa. Utamanya di tempat-tempat belanja. Terlebih nanti saat lebaran tiba. Terjadi interaksi antarwarga. Satuan tugas dan relawan di tingkat desa diharapkan terus aktif melakukan pengawasan dan pemantauan. Setiap acara harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Satgas desa maupun kelurahan harus aktif,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dr. Pathurrahman menjawab Suara NTB, Selasa, 4 Mei 2021.

Iklan

Satgas di tingkat desa dan kelurahan bisa menjadi garda terdepan melihat dan memantau interaksi warga.

Sebelum lebaran ini saja, ujarnya, sudah banyak warga dari luar datang. Sudah banyak warga pulang kampung memanfaatkan kesempatan sebelum dilarang mudik lebaran. “Yang pulang dari luar negeri maupun luar daerah sudah cukup banyak,” sebutnya.

Karena itu, sambungnya diperlukan langkah wanti-wanti dan mempeketat prokes, sehingga kemungkinan akan munculnya lonjakan kasus baru bisa dihindari.

Selain itu, tambahnya, Satgas Penanganan Covid di bawah komando Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy  sudah mengingatkan agar tetap menerapkan prokes. Begitu juga di tempat-tempat belanja juga berlaku prokes. “Sudah beberapa kali pertemuan. Kecamatan dan kelurahan serta desa diminta mengawasi ketat,” tegasnya.

Sekarang ini, Satgas siap meakukan langkah-langkah  penanganan Covid. Mulai diupayakan  untuk antisipasi lonjakan. Termasuk kemunculan varian baru Covid seperti terlapor sudah ada yang muncul di Provinsi Bali.

Kemunculan varian baru Covid itu dikhawatirkan dibawa oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Lotim. Diketahui sudah ribuan PMI sudah pulang kampung, meski sejauh ini belum ada yang terpapar positif Covid. Diakuinya, di tingkat kabupaten tidak bisa maksimal mengantisipasi kemunculan kasus baru yang dibawa oleh PMI atau pendatang dari luar.

“Kita kan tidak bisa cegat warga di bandara, tapi mungkin hanya bisa diharapkan informasi cepat dari pemerintah pusat dan kabupaten, jika ada warga dicurigai langsung bisa ditindaklanjuti,” sebutnya. (rus)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional