Lotim Jadi Kabupaten “Homestay”

Selong (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Meski belum banyak hotel berbintang, namun pertumbuhan homestay cukup bagus. Lotim bisa menjadi kabupaten homestay.

Hal ini disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Lotim, Ahsanul Khalik usai pertemuan dengan para pelaku usaha sektor wisata dan pemilik homestay di kantor Bupati Lotim belum lama ini. Homestay katanya memang tidak seperti hotel megah. Namun melihat pertumbuhannya, homestay ini menandakan adanya geliat pertumbuhan pariwisata.

Iklan

Kehadiran wisatawan bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh penduduk setempat di sekitar objek wisata. Seperti diketahui, di desa-desa wisata sudah banyak berdiri homestay yang cukup diminati wisatawan.

Dituturkan, saat bertemu dengan pengurus Asosasi Homestay Lotim telah meminta dukungan dari pemerintah daerah, karena akan ada kegiatan. Pemkab Lotim siap mendukung acara yang bertujuan untuk memajukan pariwisata.

“Rencananya para pemilik homestay ini akan mendatangkan wisatawan dan membuat program menginap gratis,” tuturnya.
Program ini disambut baik pemerintah daerah dan diharap bisa banyak mendapat dukungan dari semua kalangan. Termasuk dari para sponsor lainnya.

Wisatawan menginap di homestay akan jauh lebih berkesan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Bagi Pjs Bupati Lotim, dipersilahkan penduduk mendirikan homestay dan berkembang. “Soal izin dan retribusi itu nanti, yang penting berkembang dulu. Ini izin sudah tapi tidak berkembang-berkembang,” ujarnya. (rus)