Lotim Dapat Bantuan 10 Ribu Alat Rapid Tes dari Korea

Sekda Lotim, H.M. Juaini Taofik di dampingi Kepala Dikes, H. Pathurrahman menerima bantuan alat rapid tes dari Korea, Senin, 5 April 2021.(Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Lombok Timur (Lotim) mendapatkan sekitar 10 ribu alat rapid tes bantuan dari Korea International Cooperation Agency (KOICA). Bantuan KOICA ini disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan tersebut secara resmi diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lotim, H. M.Juaini Taofik. Sekda menyebutkan tidak saja alat rapid tes, bantuan juga berupa 9 ribu masker.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toni Satria Wibawa mejelaskan, bantuan tersebut diperoleh Lotim berdasarkan usulan kepada BNPB. Berikutnya alat-alat kesehatan tersebut diserahkan pemanfaatannya kepada Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim untuk digunakan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Iklan

Kepala Dinas Kesehatan Lotim, Dr. H. Pathurrahman menjelaskan, alat rapid tes antigen itu akan digunakan untuk menggalakkan tracing kepada warga. Alat ini katanya akan mempermudah menemukan yang positif. Meski demikian, Kadikes justru berharap alat ini tidak digunakan karena tidak ingin kasus positif makin banyak di Lotim.

Prinsip, tujuan tracing ini katanya untuk pencegahan penularn Covid lebih luas. Alat ini selanjutnya akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedjono Selong dan RSUD Lotim di Labuhan Haji dan puskesmas. Begitupun untuk masker rencana akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang ada di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Lotim. “Akan kiita berikan kepada seluruh nakes baik yang ada di RSUD maupun di seluruh puskesmas,” terangnya..

Diterangkan, kegiatan rapid sebelumnya hanya dr. Soedjono Selong. Saat ini, nakes yang ada di puskesmas sudah mendapatkan pelatihan dan diyakini bisa melakukan rapid tes. Banyaknya tenaga yang bisa rapid tes ini akan percepat penemuan kasus dan mempercepat mengambil tindakan apakah akan dilakukan isolasi mandiri atau dilakukan mendapat tindakan medis lainnya. (rus)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional