Lotim Canangkan Gebyar Merah Putih

Pencanangan Gebyar Merah Putih dalam momentum HUT RI ke-76 dan Hari Jadi Lotim ke-126 di Kelurahan Pancor, Minggu, 25 Juli 2021.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Legiun Veteran RepubIik Indonesia (LVRI) NTB bersama Pemkab Lombok Timur (Lotim) mencanangkan gebyar merah putih dalam momentum HUT RI ke-76 dan Hari Jadi Lotim ke-126. Pencanangan ini dilakukan di Kelurahan Pancor, Minggu, 25 Juli 2021 dengan tujuan membangkitkan rasa nasionalisme serta kecintaan kepada RI.

Pada kesempatan tersebut, Ketua LVRI NTB, Brigjen TNI (Purn) Abdul Kadir, menegaskan tujuan dilaksanakannya Gebyar Merah Putih ini untuk mewariskan dan meneruskan jiwa dan semangat dan nilai-nilai juang 45.

Iklan

Dipusatkannya Kabupaten Lotim sebagai lokasi diluncurkannya Gebyar Merah Putih ini, karena merupakan daerah yang menjadi pusat perjuangan di NTB, terutama Pulau Lombok. Bagaimana para pejuang asal Lotim merebut senjata dari para penjajah saat itu.

 “Provinsi NTB menjadi Kabupaten Lotim menjadi pusat diluncurkannya Gebyar Merah Putih karena menjadi lokasi perjuangan kemerdekaan di NTB. Termasuk pada 10 November Kabupaten Lotim melakukan napak tilas perjuangan yang dimulai dari Pringgasela,” tutur mantan Bupati Lotim ini.

Lurah Pancor, Lalu Ridho Arindi, menjelaskan, kegiatan Gebyar Merah Putih ini memiliki urgensi yang tinggi, mengingat saat ini Indonesia pada khususnya tengah berada pada persaingan global yang terkadang memicu krisis kepercayaan diri sebagai bangsa Indonesia. Salah satunya yaitu wacana disintegrasi yang dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu merongrong ideologi bangsa.

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memicu semangat juang, apalagi di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 yang hampir-hampir membuat masyarakat putus asa. Kegiatan peluncuran ini ditandai dengan pengibaran bendera merah putih. (yon)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional