Lotim Berencana Pinjam Rp 222,4 Miliar di SMI

H. M. Juaini Taofik (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Kabupaten Lombok TImur (Lotim) tahun 2021 mendatang akan merealisasikan pinjaman sebesar Rp222,4 miliar di  PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). SMI menyetujui permohonan Lotim sebagai salah satu daerah yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, H. M. Juaini Taofik saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 21 Oktober 2020, menegaskan, Lotim berani mengambil pinjaman, karena SMI diketahui sudah memberikan relaksasi pinjaman tanpa bunga.

Iklan

Dana tersebut menambah sumber pendapatan bagi Lotim, sehingga asumsi APBD 2021 mendatang bisa menembus Rp3 triliun.  Sesuai program peruntukannya, pinjaman SMI ini untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN), sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

Pemkab Lotim, tambahnya, akan menggunakan pinajam di SMI itu untuk membangun sejumlah infrastruktur, antara lain, pembangunan infrastruktur jalan sebesar Rp105 miliar, infrastruktur air bersih dan infrastruktur dasar sebesar Rp62,5 miliar, dan pembangunan infrastruktur RSUD Raden Soedjono Selong dan RSUD Lombok Timur di Labuhan Haji sebesar Rp 54,91 miliar.

Rencana pinjaman di SMI ini disetujui oleh pimpinan DPRD Lotim. Ketua DPRD Lotim Murnan sebelumnya mengatakan, akibat pandemi Covid-19 banyak anggaran Lotim terkuras. Kondisi fiskal daerah dengan jumlah penduduk terbesar di NTB banyak tersedot untuk penanganan Covid-19. (rus)