Loteng Pengirim TKI Terbesar Kelima Nasional

0

Praya (Suara NTB) – Mencari penghidupan sebagai TKI masih menjadi magnet bagi warga Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Terbukti, Loteng tercatat sebagai daerah pengirim TKI terbesar kelima secara nasional. Demikian diakui Wabup Loteng, L. Pathul Bahri, S.Ip., Senin, 6 Maret 2017 kemarin.

Ia menjelaskan, secara nasional ada 15 daerah yang tercatat sebagai penyumbang TKI terbesar saat ini. “Dan, Loteng sendiri berada di posisi lima dari 15 daerah tersebut,” katanya.

IKLAN

Banyaknya warga Loteng yang bekerja sebagai TKI tersebut, tidak jarang yang bermasalah. Sehingga banyak kasus-kasus kekerasan di luar negeri yang dialami dan menimpa TKI asal Loteng. Tidak jarang pula, kasus-kasus yang dialami TKI asal Loteng tersebut berupa kasus pelanggaran HAM.

Melihat kondisi tersebut, maka perlu ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Untuk bisa melindungi para TKI asal Loteng dari kasus kekerasan saat bekerja di luar negeri. Salah satunya upayanya ialah dengan mempersiapkan diri para calon TKI dengan maksimal sebelum diberangkatkan keluar negeri.

Karena kalau calon TKI sudah benar-benar siap menjadi TKI, maka potensi sebagai koban kekerasan di luar negeri bisa ditekan seminimal mungkin. “Lahirnya Perda perlindungan TKI asal Loteng juga satu langkah maju bagi Loteng. Untuk bagaimana mempersiapkan para calon TKI, sejak masih  berada di daerah sampai pulang dari luar negeri,” ujarnya.

Pemkab Loteng sangat menaruh perhatian serius terhadap perlindungan TKI. Karena bagaimanapun juga, sebagai pahlawan devisi para TKI juga punya andil yang tidak kecil dalam mendorong pergerakan ekonomi daerah. Termasuk dalam membantu pemerintah daerah, menekan angka kemiskinan.

“Memberikan perlindungan dan jaminan keamanan bagi TKI itu penting. Baik itu sejak masih berada di daerah, ketika bekerja di luar negeri hingga kembali ke daerah,” tegasnya. Mengingat, besarnya andil para TKI bagi kemajuan pembangunan di daerah ini.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Loteng, H. Masrun, untuk lingkup NTB, Loteng merupakan daerah pengirim TKI terbesar kedua setelah Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Tahun 2016 lalu, total asal sekitar 10.670 orang TKI asal Loteng diberangkatkan ke sejumlah negara tujuan. Terutama ke Malaysia. Sementara Lotim di atas 15 ribu orang.

Sumbangsih TKI asal Loteng tersebut menempatkan NTB menjadi daerah dengan jumlah TKI terbesar kedua nasional di bawah Provinsi Jawa Barat (Jabar). Setelah itu baru Provinsi Jawa Timur.

“Kalau untuk kabupaten, Kabupaten Indramayu merupakan daerah pengirim TKI terbesar secara nasional,” tandasnya. (kir)