Loteng Akhirnya Mencapai ‘’Herd Immunity’’

Tenaga kesehatan tengah melakukan vaksinasi di Desa Tanak Awu, Senin, 4 Oktober 2021. Saat ini Loteng sudah berhasil mencapai herd immunity untuk sasaran vaksinasi Covid-19.(Suara NTB/Ist)

Praya (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akhirnya berhasil mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok dengan 70 persen penduduknya yang layak divaksin sudah menerima vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Hingga Minggu (3/10), tercatat sudah 663.455 orang di Loteng yang sudah divaksin Covid-19. Capaian tersebut sudah melebih target sebanyak 655.766 sasaran vaksinasi di daerah ini.

Informasi yang diterima Suara NTB, Selasa, 5 Oktober 2021, Bupati Loteng, H. Lalu Pathul Bahri, S.IP., mengatakan, awalnya data target sasaran vaksinasi di Loteng sebanyak 766.700 orang. Namun setelah dilakukan validasi ternyata ada 713.828 orang yang layak mendapat vaksin Covid-19. Dari data terakhir, ditetapkan sasaran sebanyak 655.766 orang untuk divaksin.

Iklan

“Namun ternyata, capaiannya melebihi target,” ujar Pathul. Ia pun mengaku, raihan tersebut menjadi kado terindah yang dipersembahkan TNI pada HUT TNI yang ke 76 tahun ini bagi Loteng. Sebagaimana yang dijanjikan Danrem 162/WB saat sebelum program percepatan vaksinasi digelar.

“Berkat kerja keras aparatur pemerintah daerah, para tenaga kesehatan, Polri serta TNI, target 70 persen warga Loteng tervaksin akhirnya tercapai,” terangnya. Ini menandakan kalau semua bersinergi, maka apa pun bisa dilakukan dan diraih.

Sebelumnya percepatan vaksinasi digelar di Loteng, capaian vaksinasi di daerah ini baru sekitar 18 persen atau 107.751 orang. Tapi berkat program percepatan vaksinasi yang dilakukan kerjasama pemerintah daerah, TNI dan Polri, capaian vaksibasi Loteng meningkat signifikan. Bahkan sekarang sudah mencapai syarat herd immuniy.

Dengan pencapaian herd immunity tersebut maka Loteng siap menjadi tuan rumah event balap dunia World Superbike (WSBK) maupun MotoGP. “Sekali lagi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur NTB, Kapolda NTB da Danrem 162/Loteng beserta jajarannya, para nakes yang telah berjibaku di lapangan untuk bisa meraih capain ini,” tandasnya.

Tidak lupa peran serta dan dukungan aparatur desa hingga tingkat bawah sangat besar. Karena tidak tidak henti-hentinya terus bergerak siang dan malam demi tuntasnya target yang sudah dicanangkan. Meski sudah mencapai target vaksinasi, namun kegiatan vaksinasi masih akan terus berlangsung. Dengn sasaran warga yang belum divaksin. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional