Lonjakan Penumpang di LIA Mulai Terasa

Aktivitas penerbangan di LIA

Praya (Suara NTB) – Lonjakan penumpang menjelang lebaran tahun ini mulai terasa di Lombok International Airport (LIA). Hingga H-7 lebaran, total penumpang di LIA mengalami peningkatan sekitar 16 persen, baik untuk penumpang yang datang maupun yang pergi.

Data yang diperoleh Suara NTB dari posko terpadu angkutan lebaran di LIA, Senin, 19 Juni 2017, menyebutkan, secara total jumlah penumpang di LIA mencapai 10.330 orang. Jumlah ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya 8.933 penumpan pada periode yang sama.

Iklan

“Itu artinya ada kenaikan sekitar 16 persen,” sebut General Manager (GM) PT. AP I LIA I Gusti Ngurah Ardita. Untuk jumlah penerbangan, lanjutnya, ikut mengalami peningkatan. Dari 92 pergerakan pada tahun 2016 lalu, naik sekitar 4 persen menjadi 96 pergerakan atau penerbangan pada tahun ini.

Lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik masih didominasi penumpang penerbangan domestik. Di mana untuk penumpang yang berangkat mencapai 4.167 penumpang dari tahun sebelumnya sebanyak 3.918 penumpang. Kondisi yang sama juga terjadi untuk penumpang yang datang. Dari 4.302 penumpang tahun sebelumnya naik hingga 23 persen menjadi 5.273 penumpang pada tahun ini.

Secara umum, kata Ardita pihaknya memprediksikan kenaikan penumpang pada arus mudik tahun ini melalui LIA sebesar 10 persen dengan puncak arus mudik diprediksi pada H-3. Sedangkan untuk arus balik pada H-5 sampai H-7. (kir)

  Pengurus Persatuan Travel Umroh dan Haji NTB Dikukuhkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here