Longsor dan Pohon Tumbang di Kawasan Pusuk

Petugas dari BPBD, TNI dan Polri serta Pemerintah Kecamatan Sembalun membersihkan pohon tumbang dan longsor yang terjadi di kawasan Pusuk. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Intensitas hujan cukup tinggi yang terjadi belakangan ini menimbulkan dampak yang cukup signifikan. Selain menyebabkan banjir, bencana longsor dan pohon tumbang juga terjadi hampir setiap hari terutama di kawasan Pusuk Sembalun Lombok Timur (Lotim).

Eris Rismayanti, salah satu warga Sembalun kepada Suara NTB, mengatakan jika pohon tumbang hampir terjadi setiap hari di kawasan Pusuk Sembalun. Bahkan tumbangnya beberapa pohon tersebut tak mesti terjadi ketika hujan datang. “Pohon tumbang sering terjadi. Hampir setiap hari,” tuturnya, Senin, 2 Maret 2020.

Iklan

Akibatnya, akses jalan menuju Kecamatan Sembalun maupun sebaliknya mengalami kemacetan yang cukup lama. Di samping itu, pengendara harus hati-hati karena kondisi jalan yang dipenuhi tanah akibat longsoran yang terjadi ketika hujan datang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Urusan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Lalu Rusnan, membenarkan jika pohon tumbang dan longsor kerap terjadi di kawasan Pusuk Sembalun. Bahkan beberapa hari lalu terjadi banjir meskipun tidak masuk katagori bencana, melainkan hanya peristiwa alam biasa.

Menurut Lalu Rusnan, penyebab terjadi pohon tumbang dan longsor di kawasan Pusuk Sembalun dampak dari pelebaran jalan yang dilakukan beberapa waktu lalu. Pohon-pohon yang berada di pinggir jalan ditebang bahkan perbukitan di beberapa titik dikeruk. Selain itu, seharusnya dibuatkan saluran pembuangan air atau gorong-gorong supaya air tidak melawati jalan raya.

Sementara keberadaan saluran drainase yang ada saat ini kapasitasnya kecil serta masih perlu ditinggikan. Terkait melubernya air dan terjadinya pohon tumbang di kawasan Pusuk Sembalun, ditegaskan Lalu Rusnan bahwa sejauh ini tidak ada yang berdampak pada pengendara yang melintas, namun perlu hati-hati karena kondisi jalan yang licin akibat lumpur.

Di samping itu, dari BPBD Lotim juga sudah menerjunkan petugas di kawasan Pusuk Sembalun untuk siaga apabila sewaktu-waktu terjadi pohon tumbang dan longsor. Proses evakuasi pun dilakukan bersama Polsek dan Koramil serta pihak terkait di wilayah Kecamatan Sembalun. Termasuk sudah disediakan alat berat untuk proses evakuasi.

“Kita sudah ada petugas lokal dari BPBD untuk tetap memantau dan siaga di kawasan Pusuk Sembalun. Apabila potensi besar, maka kita akan terjunkan personel beserta alat evakuasi,”pungkasnya. (yon)