Longsor dan Banjir Picu Kerusakan Jalan

Titik longsor di dusun Sumber Sari desa Perung, Kabupaten Sumbawa. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Longsor yang terjadi di kecamatan Lunyuk membuat sebagian badan jalan ambruk. Akses ke sejumlah wilayah di Lunyuk pun menjadi terganggu. Setelah sehari sebelumnya, banjir juga menggenangi ratusan rumah di Lunyuk.

Sebagainana diungkapkan Camat Lunyuk, Iwan Sofyan, Senin, 22 Februari 2021. Longsor terjadi di ruas jalan Provinsi, tepatnya di dusun Sumber Sari desa Perung. Sekitar 2,5 meter dari 4 meter lebar badan jalan yang beraspal ambruk. Hal ini mengakibatkan akses ke Dodo Rinti, dusun Mekar Sari dan Sumber Sari menjadi terganggu. Mengingat ruas jalan adalah satu satunya akses ke Dodo Rinti. “Kita pasang penanda jalan. Bersama pemerintah desa dibantu Babinkamtibmas, kita juga pasang papan diatas jalan, agar sementara ini kendaraan tetap bisa lewat dengan sistem buka tutup,”terang Iwan.

Iklan
Proses pembersihan material longsor yang menimbun ruas jalan Taliwang – Maluk mengunakan alat berat.(Suara NTB/ist)

Tak hanya longsor, gelombang angin laut, banjir juga melanda Lunyuk. Khususnya di muara kali Sumber Sari sampai dengan Telang Emang. Akibatnya, 3 perahu nelayan hanyut, 6 rusak dan satu tertimbun.

Tim BPBD dan Tagana turun ke lokasi. Menurutnya, BPBD juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Selain itu, sehari sebelumnya, dari data BPBD Sumbawa, banjir juga melanda tiga dusun di desa Perung kecamatan Lunyuk. Dengan jumlah 400 KK terdampak.

Lintas Taliwang- Jereweh

Di Sumbawa Barat, tepatnya di jalan lintas Taliwang-Jereweh tanah longsor terjadi pasca hujan deras setempat, Minggu, 21 Februari 2021. Akibatnya, akses utama menuju wilayah Jereweh, Maluk dan Sekongkang lumpuh total selama lima jam sehingga terjadi antrian sepanjang 50 meter dari lokasi kejadian.

Pantauan Suara NTB, akses utama tersebut lumpuh setelah batu besar terbawa longsor dan menutup seluruh badan jalan. Upaya evakuasi batu tersebut sudah dilakukan dengan cara didorong menggunakan alat berat, tetapi tidak membuahkan hasil. Akibatnya puluhan kendaraan tersendat karena harus menunggu batu tersebut hancur untuk kemudian dibersihkan. Tepat pukul 12. 00 WITA jalan tersebut akhirnya bisa dilalui oleh masyarakat meskipun dengan kecepatan rendah.

Dandim 1628/ Sumbawa Barat, Letkol CZI Sunardi ST., M. I. P kepada Suara NTB, Senin (22/2) mengatakan,  banjir tersebut terjadi pasca wilayah setempat diguyur hujan disertai angin kencang. Kondisi tanah longsor susulan juga sangat berpotensi terjadi sebab hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terus terjadi. Apalagi jalan di Poto Batu sangat labil sehingga rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain di tanjakan dermaga Labuhan Lalar, tercatat ada tiga titik lainnya dengan tingkat kerusakan yang tidak terlalu parah. “Kalau lokasi longsor tersebut sudah sering terjadi apabila musim penghujan, tetapi tahun ini sangat parah karena tahun lalu tidak seperti ini,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Lalu Muhammad Azhar yang dikonfirmasi mengatakan, proses pembersihan berlangsung lambat karena banyak batuan berukuran besar menimbun badan jalan. Sementara alat berat baru bisa dikerahkan ke lokasi pada pagi harinya. “Jadi semalaman kita bersihkan manual. Pagi hari baru kita pakai alat berat. Itu pun harus hati-hati karena pengendara mulai melintas,” katanya kepada Suara NTB.

Ia menjelaskan, lokasi terjadinya longsor itu memang menjadi salah satu titik rawan di jalan lintas Taliwang – Maluk ketika musim penghujan. Ketika hujan lebat datang air yang turun mengikis punggungan gunung dan mengalirkannya hingga ke jalanan. “Punggungan gunung di sekitar jalan itu agak labil. Jadi kena hujan lebat bisa langsung terkikis,” timpal Lalu Azhar seraya menambahkan saat ini kondisi lalu lintas di ruas jalan negara itu sudah normal kembali.

“Kalau sekarang sudah lancar. Tapi kami imbau masyarakat tetap hati-hati karena masih licin karena sisa lumpur,” sambungnya. (arn/ils/bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional