Jembatan Kebaloan Diprioritaskan Dibangun Tahun 2021

0
2
Inilah kondisi Jembatan Baloan yang rusak dan membutuhkan perbaikan segera dari pemerintah. (Suara NTB/dok)

Tanjung (Suara NTB) – Jembatan Kebaloan, Desa Senaru, yang menjadi penghubung akses lintas desa di kecamatan Bayan akan diprioritaskan pembangunannya pada tahun 2021 mendatang. Pemerintah kabupaten meminta agar jembatan tersebut dapat diusulkan pada Musrenbang Kecamatan pada tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KLU, Kahar Rizal, Senin , 27 Januari 2020 mengakui, jembatan Kebaloan akan diusulkan pada RAPBD 2021. Usulan akan diprioritaskan untuk dibahas pada tahap perencanaan RAPBD yang dimulai pada kisaran September 2020 mendatang.

“Jembatan yang putus di Kebaloan itu kita target dikerjakan tahun 2021. Tahun ini harus sudah diajukan grand design-nya dulu,” ujar Kahar.

Dinas PU kata dia, sudah turun melihat kondisi jembatan yang menghubungkan Desa Senaru, Desa Sukadana dan Desa Anyar tersebut. Hanya saja, penganggarannya di tingkat kabupaten terkendala akibat pemeriksaan administrasi pada program MP3KI (Masterplan Percepatan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia).  “Tahun ini yang masih dominan kegiatan pembangunannya itu di jalan,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lombok Utara, Heryanto, SP., mengamini adanya prioritas penanganan jembatan Kebaloan tersebut. Seharusnya, kata dia, Jembatan Kebaloan akan disentuh pada tahun 2018 lalu. Hanya saja, prioritas pada jembatan itu terpaksa dialihkan untuk kegiatan penting pada proses tanggap darurat dan transisi bencana gempa.

“Setelah bencana gempa, maka kita fokuskan yang lebih urgent. Insya Allah tahun 2021 nanti, Jembatan itu kita prioritaskan,” janjinya.

Heryanto bahkan telah meminta, kepala desa terpilih mengusulkan Jembatan itu pada Musrenbang Kecamatan Bayan nantinya. Pihak kecamatan pun sudah dipesan agar jembatan itu tidak dicoret dari usulan prioritas masyarakat. “Kades terpilih saya minta untuk mengingatkan saya, dan supaya diperkuat di Musrenbang Kecamatan,” sebutnya.

  Proyek Monumen Mataram Ditegur TP4D

Heryanto memaklumi, dimanfaatkan dalam waktu singkat karena rusak akibat diterjang banjir bandang kali Kebaloan. Jembatan itu sendiri lahir dari aspirasi lintas Pemdes dan disetujui oleh PNPM melalui UPKAD.

“Dari info yang saya dapat setelah dikerjakan tergerus banjir dan diperparah oleh gempa. Makanya kita fokus untuk perbaiki dan membangun kembali jembatan itu,” pungkasnya. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =