Pendaftaran CPNS Ditutup, Pelamar di Lotim Capai 12.369 Orang

Kabid Data dan Formasi BKPSDM Lotim, Yulian Ugi Lusianto (Suara NTB/yon)

Advertisement

Selong (Suara NTB) – Waktu pendaftaran rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) resmi ditutup, Selasa, 26 November 2019. Penutupan dilakukan, Selasa, 26 November 2019 pukul 23:11 Wita. Sementara jumlah pelamar dari 482 formasi di Lotim mencapai 12.369 hingga Senin sore dan sudah submit 11.481 pelamar.

Dikonfirmasi Suara NTB, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, H. M. Isa, SAP, melalui Kepala Bidang Data dan Formasi pada BKPSDM Lotim, Yulian Ugi Lusianto, mengatakan penutupan di sistem SSCN tergantung pembukaan, karena waktu pembukaan tanggal 11 November 2019 SSCN dapat diakses pelamar pada pukul 23:11 wita.

‘’Maka penutupan tanggal 26 November pada pukul 23:11 wita. Di mana waktu pendaftaran selama 15 hari, sehingga di setting-an penutupan penerimaan otomatis tanggal 26 November 2019 pukul 23:11 wita. Kita tidak ada masa perpanjangan pendaftaran, seperti beberapa daerah lainnya. Saat ini kita langsung ke tahap verifikasi,” ujarnya.

Verifikasi yang dilakukan sejak tanggal 13 November hingga beberapa hari ke depan memasuki masa pengumuman kelulusan administrasi. Di mana untuk pengumuman melalui media sosial, akun maupun pengiriman ke email pelamar. Sehingga tidak ada alasan bagi pelamar untuk tidak mengetahui kelulusannya serta dapat mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya.

“Setelah pengumuman. Nanti ada masa sanggah selama tiga hari. Pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) bisa melakukan penyanggahan,” terangnya.

Hingga Senin sore, ujarnya, jumlah pelamar masih terus bertambah hingga penutupan Selasa pukul 23.11 Wita. Diketahui, 482 formasi yang dibuka oleh Pemkab Lotim didominasi oleh tenaga guru sebanyak 273 formasi, tenaga kesehatan 152 formasi dan sisanya 57 formasi tenaga teknis. Di mana untuk tahun ini Kabupaten Lotim hanya membuka untuk formasi umum dan tidak ada formasi khusus dengan usia maksimal 35 tahun. Hingga saat ini, jabatan dokter gigi dari 9 formasi yang dibuka. Jumlah pelamar baru dua orang yang masuk. Sementara jabatan ahli pertama teknisi elektro medis dari 1 formasi sampai saat ini belum ada pelamarnya.

Sementara di Kabupaten Lombok Utara (KLU), jumlah pelamar CPNS hingga, Senin, 25 November 2019, tercatat sebanyak 4.000-an orang. Mereka dinyatakan lulus administrasi dan akan mengikuti tahapan selanjutnya.

Kepala BKD PSDM KLU, H. M. Najib, M.Pd., melalui Kepala Bidang PSDM, Datu Aryanata kepada wartawan mengatakan pendaftaran seleksi CPNS ditutup sampai 25 November, pukul 00.00. Dari yang sudah mendaftar, pihaknya sudah melakukan verifikasi dengan angka pendaftar yang memenuhi syarat administrasi mencapai 4 ribu lebih.

“Jumlah pendaftar ini didominasi pelamar formasi tenaga pendidik. Kita belum hitung jumlah persisnya berapa,” ujarnya.

Kendati sudah menghitung 4.000-an orang lulus seleksi administrasi, Datu memaatikan jumlah pelamar yang gugur di tahap ini tidak sedikit. Kebanyakan dari yang gugur, tidak dapat memenuhi semua syarat untuk dinyatakan sebagai calon yang memenuhi syarat.

Misalnya, ada pelamar yang yang tidak bisa menunjukkan syarat akreditasi, ada pula yang mendaftarkan diri pada formasi yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Setelah pendaftaran dan verifikasi usai, maka BKD selanjutnya akan mengumumkan nama-nama pelamar yang dinyatakan lulus. Pada tahap ini, disiapkan waktu kepada masyarakat untuk menyanggah apabila dinyatakan tidak memenuhi syarat. “Disediakan masa sanggahan 3 hari dan masa jawab seminggu,” imbuhnya.

Pada tahap masa sanggahan tersebut, masyarakat bisa menyanggah dan membuktikan dokumen yang dimilikinya. Sebab bisa saja, staf BKD-PSDM melakukan kesalahan saat verifikasi, karena sebab keletihan dan sebagainya.

Bagi yang menyanggah, maka BKD akan membuka dokumen penyanggah untuk diteliti dan dibuktikan bersama. Apabila BKD keliru dan penyanggah memenuhi syarat, maka namanya bisa dimasukkan ke dalam peserta yang memenuhi syarat.

Terkait lokasi tes nantinya, BKD masih berkoordinasi dengan BKD NTB. Setidaknya, lokasi tes di KLU masuk dalam opsi. Beberapa lokasi SMP bisa digunakan sebagai lokasi tes dengan syarat Pemda harus menyiapkan PC dan jaringan internet. “Kita upayakan pinjam beberapa PC di SMP, dan sisanya kita sewa,” kata Datu. (yon/ari)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.