Bantu Bayi Tanpa Anus, Remaja Masjid Monggal Bawah Iuran Donasi

Remaja Masjid Dusun Monggal Bawah memberikan bantuan pada keluarga bayi tanpa anus, Jumat,  28 Juni 2019. (Suara NTB/ari)

Tanjung (Suara NTB) – Kekurangan biaya yang dialami keluarga pasien (bayi) tanpa anus, mengundang perhatian sejumlah pihak. Kali ini, Remaja Masjid Nurul Islam Monggal Bawah (Remmoba) ikut memberikan donasi kepada pihak keluarga.

Belasan Remaja Masjid Monggal Bawah, mendatangi orang tua pasien, Samsul Bahri dan Rina, di Dusun Sembaro, Desa Persiapan Segara Katon, Kecamatan Gangga, Jumat,  28 Juni 2019. Mereka membawa bantuan berupa sembako dan uang tunai yang dihimpun dari masyarakat Monggal Bawah.

Ketua Remmoba, Ahmad Fatoni, mengaku mendapat informasi keberadaan bayi, Neng Bilqis Quraini (4 bulan) lahir tanpa anus melalui media. Dari informasi itu, warga Monggal Bawah melalui pengurus remaja masjid kemudian menghimpun donasi dari seluruh warga. Penggalangan dana dan bantuan sembako, dilakukan selama 2 hari, selanjutnya diserahkan kepada keluarga pasien.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias mendukung kami untuk membantu Neng Bilqis, anak kedua Bapak Samsul Rizal dan Ibu Rina Sulasmi. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban keluarga di masa perawatan,” kata Fatoni.

Ia mengaja kepada semua pihak, untuk ikut berpartisipasi menyalurkan bantuan dalam bentuk apapun. Mengingat masih ada waktu pemeriksaan dan perawatan kesehatan yang dilakukan keluarga pasien hingga bulan September mendatang.

Remaja Masjid Nurul Islam Monggal Bawah sendiri, tergerak menggalang dana atas ide salah seorang anggota. Usul itu disetujui dan ditindaklanjuti oleh remaja yang lain, kepada dusun, tokoh masyarakat dan tokoh agama Dusun Monggal Bawah.

“Kami turut berterima kasih kepada masyarakat Dusun Monggal Bawah dan Lempajang yang turut peduli dan antusias membantu adik Bilqis. Bagi kami, bukan sebarapa banyak yang kita beri, tetapi apa yang sudah kita lakukan untuk meringankan beban orang lain,” sambung anggota remaja Masjid, Ahmad Murdani.

Sementara itu, Samsul Bahri tampak terharu menerima bantuan dari warga Monggal Bawah dan Lempajang, khususnya remaja masjid. Diakuinya, setiap bantuan yang diberikan donatur sangat berarti untuk membiayai keperluan pengobatan anaknya.

“Besok Sabtu (hari ini, red), Bilqis akan kami bawa ke RSUP untuk kontrol kesehatan. Sekaligus menentukan jadwal operasi pada bulan Juli nanti,” katanya. Setidaknya kata Bahri, masih ada dua operasi lagi yang harus dilalui yakni bulan Juli dan September. Selain operasi yang dijadwalkan, Bilqis juga harus rawat jalan satu kali dalam seminggu. (ari)