Beranda Lombok Timur PN Selong Luncurkan Aplikasi ‘’e-Court’’

PN Selong Luncurkan Aplikasi ‘’e-Court’’

0
5
Petugas PN Kelas IB Selong saat menunjukkan aplikasi e-Court kepada masyarakat, Rabu, 12 Februari 2020.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Banyaknya perkara yang masuk ke meja hijau membuat Pengadilan Negeri (PN) Kelas IB Selong membuat berbagai terobosan. Salah satu produk baru yang diluncurkan saat ini yaitu aplikasi e-Court (The Electronics Justice System). Peluncuran aplikasi ini untuk lebih memudahkan masyarakat menyelesaikan perkaranya secara hukum.

Menurut Ketua PN Kelas IB Selong, Chitta Cahyaningtyas,SH,MH, e-Court selaku produk baru dari Mahkamah Agung (MA) saat ini memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat. E-Court litigasi merupakan gugatan yang dilakukan elektronik diberlakukan sejak bulan Januari 2020 lalu. Seperti gugatan dapat dilakukan melalui email. Pengacara yang berperkara pun terlebih dahulu harus terverifikasi di Pengadilan Tinggi (PT).

Disampaikan lebih jauh, proses El-litigasi ini persidangan tidak harus dilakukan di ruang sidang, kecuali penyerahan bukti surat dan bukti saksi serta pembukaan pertama di persidangan yang mengharuskan semua pihak hadir. Pasa saat itu PN Selong terlebih dahulu menawarkan ketersediaan para pihak untuk menyelesaikan suatu perkara secara damai atau jalur mediasi. “Termasuk pengiriman replik, duplik maupun reduplik harus melalui email,” terangnya, belum lama ini.

Untuk itu, hadirnya aplikasi e-Court ini mengharuskan setiap pengacara selaku kuasa hukum para pihak yang berperkara harus aktif mengontrol emailnya, sehingga proses persidangan secara online tersebut dapat berjalan lancar. “Saat ini sudah tidak ada lewat manual saat ini. E-Court bisa menanggulangi biaya namun tetap melakukan panjar perkara,”ujarnya. (yon)

  Pengelolaan Parkir di RSUD Selong Resmi Dipihakketigakan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 5 =