Sebanyak 1.526 Unit RTG di Lotim Hampir Rampung

Ilustrasi Proses pembangunan RTG di Pulau Lombok. (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Keberadaan tim khusus (timsus) Rumah Tahan Gempa (RTG) yang dibentuk pemerintah daerah beberapa waktu lalu terus mempercepat progres pembangunan RTG di daerah ini. Pasalnya, dari 1.526 unit RTG yang ditangani Timsus, 1.500 di antaranya sudah diverifikasi dan konstruksinya sudah dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai RTG.

“Sudah 1.500 RTG yang kita selesaikan. Sisanya, 26 unit masih dalam proses pembangunan,” terang Wakil Ketua Timsus RTG Lotim, Muhammad Zamzami, Rabu, 29 Januari 2020.

Sementara sebanyak 26 unit yang masih dalam proses pembangunan ini, sebagian sebenarnya telah dikerjakan oleh masyarakat korban gempa secara mandiri. Akan tetapi karena tidak sesuai konstruksi RTG, maka pembangunannya dikonstruksi ulang atau dibangun baru, sehingga sesuai dengan kualifikasi RTG baik Riko maupun Risha dan jenis lainnya.

Sedangkan, 1.500 unit RTG yang sudah dikerjakan tersebut terdapat ada 1.212 unit sudah dibayarkan dan sisanya masih dalam proses pembayaran. “Intinya kalau sudah selesai dibangun sesuai spesifikasi RTG, lalu difoto, lengkap dokumen, langsung kita ajukan pembayarannya,”ungkapnya.

Zamzami mengaku optimis ribuan RTG yang dikawal Timsus bisa segera rampung. Sementara pemerintah menargetkan seluruh pembangunan RTG tuntas hingga bulan Maret 2020. Maka dari itu, tidak ada lagi masyarakat yang tinggal di huntara maupun di tenda-tenda pengungsian. Namun penanganannya akan dilakukan secara bertahap dengan didukung pencairan dan ketersediaan anggaran dari pemerintah pusat. (yon)

  Lotim Bentuk Bale Mediasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here