Beranda Lombok Timur Pelabuhan Labuhan Haji Dilirik Jadi Pusat TPI dan Kapal Pesiar

Pelabuhan Labuhan Haji Dilirik Jadi Pusat TPI dan Kapal Pesiar

Inilah Pelabuhan Labuhan Haji yang dilirik investor untuk Tempat Pengolahan Ikan dan tempat bersandarnya kapal pesiar.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Keberadaan Pelabuhan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur (Lotim) saat ini dilirik sejumlah investor. Pasalnya, pelabuhan yang terletak tidak jauh dari ibukota Kabupaten Lotim ini ditawarkan jadi Tempat Pengolahan Ikan (TPI) dan kapal tempat bersandarnya kapal pesiar.

Kepada Suara NTB, Kamis, 23 Januari 2020, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lotim, Drs. M. Zaini, mengungkapkan untuk pengolahan ikan, dari salah satu investor sudah melakukan penawaran. Pihaknya pun sudah melakukan studi kelayakan di Lamongan dan Jakarta.

Dari peninjauan itu, ujarnya, sangat luar biasa dari segi bonafidenya perusahaan, terutama dengan dilibatkannya tenaga kerja lokal sebanyak 700 orang lebih. Zaini mengaku, dari kolam labuh di Pelabuhan Labuhan Haji, saat ini antara Dishub dan Bapenda hanya mampu mengumpulkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp3 miliar. Sementara, jika sudah disewa oleh perusahaan, maka hitungannya sudah jelas dengan luas 10 hektar tersebut atau PAD yang berpeluang didapatkan mencapai tiga kali lipat. “Nanti tahap kedua akan ada tindak lanjut sampai pembuatan kontrak. Kemarin hanya permohonan dari perusahaan dan peninjauan lokasi,” ungkapnya.

Sementara kebutuhan dari perusahaan untuk mengelola Pelabuhan Labuhan Haji apabila dilihat dari nilai investasinya sebesar Rp23 miliar lebih mulai dari pembuatan gedung, penyediaan mesin pendingin dan sarana prasarana lainnya. Termasuk penyerapan tenaga kerja dimungkinkan mencapai 1.000 tenaga kerja yang 80 persen merupakan tenaga kerja lokal. “Untuk penyewaan dalam pengelolaannya pun nantinya sesuai kesepakatan. Yang jelas tidak mungkin per tahun,” kata Zaini.

Di samping itu, terdapat juga perusahaan dari Malaysia yang menawarkan kapal pesiar. Pihak investor dari Malaysia sudah datang untuk membicarakan rencana menjadikan Pelabuhan Labuhan Haji sebagai lokasi sandar kapal pesiar. “Kita berharap ini juga bisa terwujud untuk meningkatkan pendapatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (yon)