Bermasalah di Administrasi 1.677 Pelamar CPNS di Lotim Diplenokan

Kepala Bidang Data dan Formasi, Yulian Ugi Lusianto (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Seleksi administrasi dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mendekati babak final. Dari 12.771 pelamar, tercatat sebanyak 1.677 data pelamar yang bermasalah di administrasi. Untuk itu, Jumat, 13 Desember 2019, dilakukan pleno untuk penyelesaian ribuan data bermasalah itu apakah masuk pelamar memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS).

Dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 12 Desember 2019, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, H. M. Isa, SAP, melalui Kepala Bidang Data dan Formasi, Yulian Ugi Lusianto, mengungkapkan untuk pelaksanaan pleno dilakukan di gedung Computer Asissted Test (CAT) kompleks BKPSDM Lotim.

Dari 12.771 pelamar, ujarnya, yang sudah tidak ada masalah sebanyak 11.093 pelamar. Sisanya sebanyak 1.677 pelamar akan dirapatkan ke tahap pleno panitia yang dilaksanakan Jumat ini. untuk itu, hingga saat ini, hanya 1 pelamar yang masuk katagori TMS dari SSCN dikarenakan NIKnya menggunakan NIK orang lain.

Setelah dilakukan pleno, untuk pengumuman kelulusan administrasi menunggu hasil rapat di provinsi. Namun dari surat edaran dari pemerintah provinsi, pengumuman hasil seleksi administrasi diimbau pada tanggal 21 Desember 2019. Sehingga masa sanggah atas pengumuman tersebut diberikan selama tiga hari terhitung mulai tanggal 22 sampai 24 Desember 2019. Sedangkan untuk jawaban masa sanggah selama tujuh hari kalender dari tanggal 25 hingga 31 Desember 2019.

Di samping itu, untuk mengurangi risiko tingkat kesalahan atau kekeliruan sebelum ditetapkannya nama-nama pelamar CPNS yang MS administrasi dan TMS administrasi. BKN Regional X Denpasar akan memberikan pengarahan dan pencerahan kepada para pansel CPNS tahun anggaran 2019 pada Kamis 19 Desember bertempat di Ruang Rapat Kepala BKD Provinsi NTB. Rapat ini akan diikuti oleh Kepala BKPSDM se-NTB, admin SSCASN, dengan membawa data pelamar yang TMS dalam bentuk softcopy.

Adapun penerimaan formasi CPNS di Kabupaten Lotim tahun anggaran 2019 sebanyak 482 formasi. Dari 482 formasi ini didominasi oleh tenaga guru sebanyak 273 formasi, tenaga kesehatan 152 formasi dan sisanya 57 formasi tenaga tekhnis. Dimana untuk tahun ini Kabupaten Lotim hanya membuka untuk formasi umum dan tidak ada formasi khusus dengan usia maksimal 35 tahun. (yon)