Juarai Lomba Dewi Nusantara, Desa Kembang Kuning Diguyur Rp400 Juta

Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy bersama Kades Kembang Kuning H. Lalu Sujian menerima penghargaan dari Kemendes PDTT Selasa, 10 Desember 2019. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mendapatkan dana Rp400 juta untuk peningkatan sarana dan prasarana wisata. Buah dari predikat desa wisata (Dewi) berkembang terbaik dalam ajang Lomba Dewi Nusantara ini juga mendapatkan uang tunai Rp20 juta.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Lotim Iswan Rakhmadi yang turut mendampingi Bupati H.M Sukiman Azmy dan Kepala Desa Kembang Kuning H. Lalu Sujian yang mendapatkan penghargaan langsung pada Selasa, 10 Desember 2019 di Tebing Breksi Desa Sambirejo Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga:  Kemenkeu Transfer Langsung DD 2020 ke Rekening Desa

Iswan Rakhmadi mengatakan pemberian piala dan piagam penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Kembang Kuning juga berkesempatan berpromosi selama satu tahun.

Desa Kembang Kuning berhasil meraih juara pertama Lomba Desa Wisata kategori berkembang dengan menyisihkan Peserta Desa lainnya dari sekitar 158 peserta dari seluruh Indonesia. Desa Kembang Kuning meraih nilai 1.125 mengalahkan Desa Tebara dari NTT dan Desa Jatimulyo Kulonprogo DIY serta desa lain.

Baca juga:  Mantan Kades Kemuning Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Iswan Rakhmadi mengatakan, Bupati Lotim H M. Sukiman Azmy menyampaikan apresiasi dan Penghargaan kelada Desa Kembang Kuning. Harapan Bupati, Kembang Kuning bisa menginspirasi desa lain untuk lebih maju.

Sementara itu, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT,   Taufik Majid menyampaikan Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 merupakan upaya bersama dalam mengembangkan desa sebagai destinasi wisata.

Pengembangan Dewi ini dianggap tinggi peranannya dalam menyerap lapangan kerja di seluruh pelosok Indonesia yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (rus)